Di liburan musim dingin ini, setelah cukup lama berpikir, akhirnya Saya memutuskan untuk traveling ke tiga negara Skandinavia: Norwegia, Swedia, dan Denmark. Dalam postingan ini, Saya ingin berbagi pengalaman Saya saat mengunjungi Tromsø, Norwegia!

Yang terbersit saat Saya memutuskan untuk traveling ke Tromsø adalah ingin melihat the Northern Lights a.k.a. Aurora Borealis yang tersohor itu. Aurora Borealis di Tromsø sendiri terkenal dengan warna kehijau-hijauannya. Jika beruntung, maka cahaya hijau akan terlihat secara kasat mata di langit. Jika sangat beruntung, maka cahaya hijau akan kelihatan menari-nari di langit (Orang-orang sering menyebutnya dengan Dancing Aurora).

Beberapa Catatan Penting Berdasarkan Pengalaman Saya

Saya berangkat dari London Stansted Airport (Inggris) menuju Oslo Rygge Airport (Norwegia) via Ryan Air

Kebetulan dapet harga murah £5 sekali jalan. (FYI, Oslo Rygge Airport adalah airport kecil untuk budget airlines di Oslo, Norwegia). Dari Oslo Rygge Airport, Saya naik bus menuju Oslo Bussterminal di pusat kota Oslo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Dikarenakan penerbangan Saya dari Oslo menuju Tromsø agak mepet waktunya, Saya menggunakan express train dari Central Station menuju Oslo Airport Gardermoen dimana Central Station letaknya bersebelahan dengan Oslo Bussterminal. (Tips: jika teman-teman masih berstatus student, jangan lupa bawa student card, yah! Soalnya bisa dapet discount untuk tiket bus dan train). Dari Oslo Airport, Saya menggunakan Norwegian Air menuju Tromsø dengan waktu perjalanan kurang lebih 1.5 jam. Harga tiket Oslo Airport – Tromsø Airport sebesar £55.80 (agak mahal karena Saya belinya satu bulan sebelum keberangkatan). Tips: jika teman-teman berangkat dari Indonesia, mungkin bisa menjadikan Norwegian Air sebagai salah satu opsi untuk mendapatkan tiket murah via Bangkok. Saya pernah mengecek tiket PP Bangkok-Oslo beberapa bulan lalu, harga paling murah bisa kurang lebih hanya sekitar 2-3 juta Rupiah!

Saya dan teman-teman Saya menginap selama 3 malam di Tromsø Smart Hotel

Terletak sangat strategis berada di City Center. Harga permalamnya sekitar £24.88 (satu kamar berdua, queen size bed, tidak termasuk sarapan, namun ada gratis kopi dan teh). Ketika sampai di Tromsø, Saya disambut dengan salju yang baru turun dengan intensitas yang cukup tinggi. Keesokan harinya, bisa dibayangin salju yang baru turun, masih putih bersih, memberikan pemandangan yang luar biasa indahnya. Namun, jangan kaget yah kalau melihat prediksi cuaca “Null Sun”, yang artinya matahari tidak akan muncul sepanjang hari. Pastinya akan agak gelap, namun tidak mengurangi keindahan pemandangan Tromsø.

Saya memutuskan untuk melakukan dog sledding di hari kedua dikarenakan di hari pertama

Saya dan teman-teman memilih untuk berkeliling sekitar kota. Lokasi dog sledding sekitar 45 menit dari city center dengan harga untuk sekali dog sledding adalah 1310 NOK (Harga sudah termasuk tranportasi dari City Center menuju ke lokasi, makan siang, Winter Coat, dan Dog Sledding). Lagi-lagi, saya cukup beruntung karena salju baru saja berhenti, cuaca sedang bagus dan langit sangat cerah, sehingga selama hampir satu jam dog sledding, Saya mendapatkan pemandangan Tromsø yang benar-benar membuat Saya speechless! Tips: jangan lupa dress warm! Pakai tutup telinga, topi, syal untuk nutupin leher dan sebagian wajah, layers, dan winter coat. Jangan lupa juga untuk cas kamera dan bila perlu bawa batere cadangan. Kamera Saya yang harusnya baterenya masih penuh, namun dikarenakan cuaca dingin, jadi sangat mudah low battery. Oiya, untuk menu makan siang terdapat menu makan vegetarian. Jangan lupa diinformasikan ke pihak tour untuk disediakan ya!

Saya mengikuti Tour Aurora di malam kedua setelah dog-sledding

Sekali lagi, Saya beruntung karena malam itu langit sangat cerah. Alhasil, Aurora kelihatan sangat jelas diantara bintang-bintang dan bulan sabit dan bahkan Saya berkesempatan untuk melihat Dancing Aurora! Harga tur Aurora yang saya pakai kurang lebih 1080 NOK (Harga sudah termasuk biaya transportasi dari meeting point di city center menuju daerah yang jauh dari pusat kota sehingga light pollution kecil, termasuk juga didalamnya sewa Winter Coat, snack, sup hangat, bonfire, tour guide dan foto). Suhu udara saat saya mengikuti Aurora Tour di malam kedua sekitar minus 5-10 derajat Celsius. Kalau pakai layers, Winter Boots, thermal socks, snow gloves, syal, dan jaket tebal dan ditambah Winter Coat yang disediakan oleh tour, kayaknya masih tahan deh untuk berada diluar selama beberapa jam. Saya dan teman-teman Saya bahkan tiduran diatas salju empuk untuk menikmati bintang-bintang, bulan sabit dan aurora. Sungguh indah!

Makanan Favorit Saya

Untuk makan, ada beberapa restoran favorit Saya karena lidah saya masih sangat Asia, Saya selalu mencari makanan Asia dimanapun Saya berada. Prefence masing-masing sebenarnya hehe

a. Tang’s Restaurant. Chinese food disini adalah salah satu restoran dengan makanan yang termurah dan terenak di Tromsø. Kalau makan tengah untuk empat orang, dimana masing-masing orang makan satu piring nasi, minum tap water (gratis), dan memesan dua lauk pauk/sayur mayur, maka kurang lebih satu orangnya dikenakan biaya kira-kira 140 NOK

b. Asian Healthy Food. Di restoran kecil ini, menu makanannya cukup beragam, ada teriyaki beef dan chicken khas Jepang dan paling banyak adalah menu makanan khas Thailand. Penjualnya juga orang Thai asli yang masih pakai Bahasa Thai dikombinasikan dengan Bahasa Norwegia dan Inggris! Harga untuk sekali makan disini kurang lebih 100 NOK.

c. Kalau mau yang lebih murah lagi, ke 7-11, beli pisang dan roti, harganya dibawah 50 NOK. Saya sendiri membeli stock roti dan makanan ringan untuk sarapan dan makan malam Saya, sedangkan makan di restoran cukup untuk late lunch saja (Niatnya pengen agak hemat. Hehe)

Beberapa alternatif tempat lain yang harus dikunjungi di Tromsø

a. Polaria
Desain Polaria yang unik merepresentasikan bongkahan es yang terdapat di laut Arctic. Didalam Polaria terdapat Arctic Aquarium dimana kita bisa melihat beranekaragam Biota laut di laut Arctic, seperti Anjing Laut. Selain itu, terdapat Panoramic Cinema dimana terkadang terdapat konser gratis.

b. Bibliotek
Ini adalah salah satu perpustakaan terbagus yang pernah Saya kunjungi. Bentuknya seperti setengah lingkaran dengan panorama pegunungan bersalju yang sungguh indah.


c. Visit Tromsø
Tempat untuk membeli souvenir khas Tromsø dan tempat dimana kita bisa mendapatkan wi-fi gratis dan juga informasi terkait pariwisata Tromsø.

Sekian informasi traveling Saya di Tromsø, Norwegia. Semoga bermanfaat!



Sumber Itenary:

Itenary perjalanan wisata ini dibuat oleh Andreas Lie melalui Grup Facebook Backpacker Dunia pada Tanggal 28 Desember 2015


Koleksi Foto oleh Andreas Lie