Sekedar sharing short trip saya ke Kuching, Malaysia, awal tahun kemarin. Buat temen2 yg hobi travelling dan kebetulan sedang berada di daerah Kalimantan Barat, boleh aja mampir ke kota yg bersih nan rapi ini. Saya melakukan perjalanan ini selama 3 hari by bus dari Pontianak.

Konon katanya naik bus aja udah enak, jadi saya ikutan nyoba naik Bus Asia PP dengan biaya 380rb. Enaknya naik bus ini karena selama perjalanan saya bisa menikmati pemandangan bukit yang hijau. Ya lumayan sekali buat cuci mata.

Berikut itinerary perjanalanan wisata yg telah saya lalui:

Day 1

• Jam 09.00 wib go to Kuching
  • Jam 15.00 wib tiba di perbatasan
  • Jam 17.20 wts tiba di Kuching Central Station (KCS)

Begitu nyampe saya langsung mnjelajahi KCS ini karena gedungnya lumayan gede seperti mall dan cukup lengkap buat nyari makan, kartu digi dan cuci mata.

Setelah itu saya menuju hotel dengan taksi yang ada d skitar KCS dengan ongkos RM 30. Saya nginepnya di Tune Hotel daerah Kuching Waterfront City. Per malamnya 290rb. Hotel ini recommended, dari harga, include breakfast n lokasi strategis bgt. Tinggal jalan kaki 5 menit aja udh sampe ke Kuching Waterfront.

Dan fyi, di area situ byk yg jual makanan, souvenir dan mall (bagi yg suka ngemall, barang2 branded di akhir smpe awal taun disc nya lumayan)

Day 2

Setelah sarapan saya langsung menuju Jl. Borneo untuk sewa motor. Jalan kaki dari hotel kurang lebih 10-15 menit. Biaya sewa motor RM 40/day.

Tujuan pertama, karena saya pecinta kucing, maka pergi ke museum kucing adalah ibarat kewajiban.

Jujur, dari gerbang masuk museum ini aja udh bisa mengalihkan pandangan saya saking bersih dan rapi nya tatanan lingkungan sekitar. Masuk ke museum ini free, cuma mesti bayar RM 3 kalau mw foto2 pake handphone. Klo pake kamera digital RM5 klo nda salah.

Tujuan kedua, Pustaka Negeri Sarawak alias Perpustakaan Kota. Saya ga masuk kedlm perpus nya, krna pemandangan di sekitar perpus udh bikin saya kenyang. Ada danau dan hamparan rumput super luas, lengkap dgn burung bangau di sekitar danau. Free entrance fee.

Tujuan ketiga, Fort Margherita. Ini merupakan bangunan sejarah karna dulunya adalah benteng nya Rangers (Prajurit) Serawak. Saya suka arsitekturnya, dan lagi2 lingkungannya yg bersih dan super rapi, saya jd brasa flashback saat ke Jepang taun lalu. Ini juga free entrance fee.

Tujuan keempat, Pink Mosque. Selain karna memang ingin shlt zuhur, saya memilih masjid ini krna unik. Bangunannya yg berwarna pink dan area pemakaman yg luas di depan dan di samping masjid juga jd ktertarikan bwt saya pribadi.

Tujuan kelima, Indiana Street dan Mall Plaza Merdeka. Buat yg hobi shopping boleh lah liat2 dsini. Hehe.

Tujuan keenam, Kuching Waterfront City. Tempatnya asik buat saya, cocok bwt piknik, suasananya pun tenang. Yg doyan ngemil boleh nyobain cemilan dr ujung ke ujung bwt nongkrong dsitu sambil nikmatin pemandangan gedung dewan pemerintahan serawak yg berwarna emas.

Day 3. Back to Pontianak.

Catatan pengeluaran selama perjalanan:

• Tiket bus 380rb
  • Hotel 2 mlm 290rb (sharing)
  • Sewa motor 70 rb (sharing)
  • Bensin motor 10rb (sharing)
  • Makan 3x 90rb
  • Foto di cat museum 10rb
  • Taxi KCS-hotel PP 50rb (sharing)
  • Total: 900rb for 3d2n (3 hari 2 malam).

Saya pribadi suka kota ini karna suasananya tenang, bersih dan rapi.

Demikian, tks. Semoga bermanfaat.

Sumber Itenary:

Itenary perjalanan wisata ini dibuat oleh Urai Diya Rasinta ValarineJb melalui Grup Facebook Backpacker Dunia pada Tanggal 17 Januari 2016