Akhirnya trip ke jepang bersama istri bisa terlaksana, dimulai dari booking tiket jauh2 hari, membuat itinerary, sampai ke mencari penginapan. Awalnya bingung dengan sistem transportasi di Jepang, tetapi setelah hari berikutnya, sudah terbiasa.

Saya coba share singkat yang kita sudah lakukan. Jika kamu bepergian ke jepang hanya seminggu dan daerah Tokyo serta Kanto area, bisa menggunakan JR Tokyo Wide Pass: https://www.jreast.co.jp/e/tokyowidepass/

Saya pakai JR Tokyo Wide Pass untuk mengunjungi:

  • Danau Kawaguchi melihat gunung fuji (tiket termasuk ongkos fujikyu train)
  • Nikko Area melihat temple2 bersejarah
  • Gala Yuzawa bermain ski di musim dingin dan bisa pinjam boat, gloves serta papan luncur dengan harga discount Serta bisa dipakai gratis untuk semua JR train dalam kota.

Sangat hemat sekali dan recommended. Tiket berlaku hanya 3 hari dan bisa dibeli langsung di JR office di airport haneda ataupun di station besar seperti shinjuku, ueno, dll (informasi lebih lanjut lihat di webnya). Walaupun itinerary yang optimistik hanya 80% yang terlaksana, mengingat hari pertama ada hujan salju di tokyo, tapi kita sudah cukup senang.

Penginapan

Karena bepergian berdua dan setelah review sana-sini, kita menggunakan airbnb. Beruntung sekali kita dapat host jepang (Katsuo) yang bisa bahasa inggris dan indonesia sangat baik sekali. Dan dipinjamkan modem pocket wifi, sangat berguna di Jepang. Highly Recommended.

Awalnya saya sedang 'mengincar' salah satu penginapan di tokyo sejak bulan mei untuk keberangkatan bulan january, tapi karena waktunya masih lama, maka nunggu sampai bulan september kemarin, pas di cek lagi.. ternyata sudah tidak available.. Akhirnya pencarian akomodasi dimulai kembali, dan ada 1 yang dekat dengan asakusa temple, setelah seharian cari di airbnb, akhirnya memutuskan booking 4 malam.. yang bikin surprise lagi, ternyata hostnya, orang jepang yang bernama Katsuo ini bisa berbahasa Indonesia karena pernah tinggal di sini. Per malam dengan harga 700rban (dipinjamkan pocket wifi)

Ini dia linknya: https://www.airbnb.com/rooms/8446111

Jika ingin dapat Rp 270rb, bisa mendaftar pakai referensi saya : http://www.airbnb.com/c/athaslim?s=8 (jadi masing-masing dapat credit)

Tips lainnya

  • Free wifi di haneda aiport, metro station, JR Station dan Tobu Station
  • Beli bento untuk makan pagi sebelum naik shinkansen (1 bento saya sharing untuk berdua) dan bisa dibawa ke shinkansen
  • Tempat menginap di airport haneda ada di setiap lantai, coba pilih dekat lawson dan charging area di lantai 1 atau di lantai 2 dekat dengan cafe dan wc atau shower room jika ingin mandi.
  • Jika pergi pakai JR pass, ada baiknya reserved seat sehari sebelumnya di JR office (yg terutama untuk perginya) dan dijamin dapat tempat duduk.
  • Hyperdia apps di android dan iphone sangat membantu untuk melihat jadwal kereta dan tujuannya
    Untuk versi webnya: http://www.hyperdia.com/
  • Google map juga sangat membantu, jadi harus ada internet
  • Download dan cetak Tokyo Subway Map: http://www.tokyometro.jp/en/subwaymap/
  • Jangan lupa bawa kartu debit bank yg ada logo cirrus, plus, mastercard, bisa narik tunai di ATM (seven7)
  • Beli oleh-oleh snack bisanya di nakamise, asakusa

Ini dia video timelapse mengenai tempat yg kita kunjungi

Timelapse Tokyo - Gala Yuzawa - Nikko - Yokohama in Japan
Try watching this video on www.youtube.com, or enable JavaScript if it is disabled in your browser.

Peralatan yang dibawa, pilih yang ringan:

  1. Xiaomi yi

  2. Fujifilm X-A1

  3. Canon Legria Mini X

Sumber:
Dibuat oleh Andri Thaslim melalui Grup Facebook Backpacker Dunia pada Tanggal 23 Januari 2016

Dokumentasi Photo oleh Andri Thaslim

>