Hanya 3 jutaan ke machu picchu, eaa kayak judul buku aja. Atau... Ke machu picchu bukan lagi mimpi. Dari ibukota Peru, Lima ada 2 opsi, yaitu menggunakann Bus Lima-Cusco $110 PP, lama perjalanan Lima-Cusco sekitar 20 jam, dan menggunakan Pesawat Star Peru $131 PP, lama perjalanan 1 jam, dapat bagasi gratis 20kg.

Ada opsi pesawat lainnya seperti LAN Peru, namun display harga ada 2, yaitu untuk orang lokal dan untuk turis, kalau untuk turis ada extra charge $170 jadi berhati-hati booking LAN Peru. Kalau Star Peru harganya sama, baik untuk lokal maupun turis.

Tiba di kota Cusco, keluar bandara langsung ke jalan raya, ada halte bus dan banyak bus menuju pusat kota, yaitu plaza de armaz, cukup bayar 0,7 soles (dalam rupiah dikalikan 4.500 atau biar mudah dikali 5.000). Turun di plaza de armaz dan jalan kaki ke calle de meloc sekitar 200 meter, menuju VIP house hostel. Harga semalam dormitory 25 soles (125.000). Saya booking 3 malam. Di hostel ini ada free coca tea, berguna untuk aklimatisasi karena kota cusco berada di ketinggian 3.400 meter. Sangat disarankan untuk tiba di hostel dan istirahat terlebih dahulu, jangan jalan-jalan atau keliling sehingga lelah.

Menuju Machu Picchu, perlu pitstop di kota Aguas Calientes, nah menuju kota itu ada 2 opsi :

  • Dengan kereta api : yaitu naik minivan dari terminal pavitos kota cusco menuju kota ollantaytambo, harga 20 soles (100.000). Lalu sambung kereta api menuju aguas calientes harga PP sekitar $100-120, jika ingin naik kereta mewah dan satu paket semua diatur sampai Machu Picchu, maka naik kereta Hiram Bingham dengan harga +- $285
  • Dengan minivan : banyak agent disekitar plaza de armas yang menawarkan paket minivan sebesar $90 yang termasuk tiket masuk machu picchu $45 dan minivan PP dari cusco ke hydroelectrica, hostel 1 malam di aguas calientes, dan 3 kali makan.

Saya gunakan paket minivan karena paket termurah menuju aguas calientes. Minivan start jam 7.30 pagi dari cusco. Lalu 2 jam perjalanan dan berhenti untuk istirahat sarapan didekat ollantaytambo. Lanjut lagi dengan minivan naik perbukitan selama 2,5 jam menuju kota santa maria. Mulai dari kota santa maria menuju kota santa teresa jalan mulai jelek, tidak beraspal, dan menyusuri tepi jurang, namun menyajikan pemandangan indah lembah-lembah pegunungan Andes. Sampai di kota santa teresa diberikan makan siang, yaitu nasi putih + kentang dengan lauk ayam goreng, khas Peru dimana nasi disajikan bersama kentang goreng.


Dari santa teresa, perjalanan sekitar 30 menit menuju stasiun kereta hydroelectrica dan tiba sekitar jam 3 sore. Banyak sekali turis disini karena merupakan titik pengantaran dan juga titik penjemputan bagi turis yang sudah selesai dari machu picchu dan akan kembali menuju kota cusco. Di hydroelectrica ini akan dijumpai 1 orang guide yang akan menjelaskan perjalanan menuju kota aguas calientes, diterangkan bahwa perjalanan menuju aguas calientes bisa menggunakan kereta dengan biaya $28 atau jalan kaki selama 2,5 jam, gratis tentunya. Jalan kaki ini hanya 1 kali naik bukit dengan kemiringan 45derajat, dan trek selanjutnya landai menanjak dari 2.000 mdpl menuju 2.200 mdpl. Sangat disarankan kita meninggalkan backpack/koper di hostel (makanya booking 3 malam) dan hanya membawa tas kecil daypack isi baju dan keperluan untuk 2 hari.

Jalan kaki ini menyusuri rel kereta yang sama menuju aguas calientes, dan banyak sekali bertemu teman seperjalanan. Pakai rumus 30+5, yaitu 30 menit jalan dan 5 menit istirahat. Ada juga tersedia beberapa pemberhentian untuk ke toilet maupun membeli makanan minuman yang dijual oleh warga lokal. Perjalanan akan melewati 1 jembatan pintu masuk ke area machu picchu disisi sebelah kanan, namun harus lurus karena belum mendapatkan permit/ijin masuk. Setelah itu melewati 2 terowongan dan sampai di kota aguas calientes. Saya sendiri tergolong lama jalan kakinya sampai 3 jam, teman lainnya yg saya jumpai di aguas calientes mengatakan sekitar 2 hingga 2,5 jam saja.

Di kota Aguas Calientes, kita disuruh berkumpul di Plaza alias alun-alun, mudah terlihat dari arah stasiun. Disini tinggal mencari nama group ( saya Dimas group) lalu dihantarkan ke hostel dan berkumpul lagi jam 8 malam untuk bersama-sama makan malam gratis, menu makan malam seperti biasa khas peruvian, nasi + kentang + ayam. Diberikan briefing mengenai cara menuju machu picchu untuk esok pagi, serta dibagikan kertas permit/ijin masuk. Ada 2 opsi menuju Machu Picchu gate :
Dengan hiking, biaya gratis tentunya. start 4.30 pagi menuju jembatan gerbang dimana akan diperiksa permit masuk, gerbang ini hanya akan dibuka jam 5 pagi makanya start 4.30 untuk perjalanan 30 menit dari aguas calientes menuju gerbang. Dari sini mulai menanjak, dan siapkan kaki yang kuat karena menanjak dari 2.200 mdpl menuju sekitar 3.000 mdpl. Sekitar 2,5 jam akan sampai di gate masuk machu picchu.

Opsi kedua dengan naik bus, harganya $12 sekali jalan. Tiket bus bisa dibeli malam sebelumnya, sehingga esok paginya bisa langsung antri di halte bus, tanpa perlu antri lagi di loket pembelian tiket bus. Bus baru berangkat jam 5 pagi, tapi jam 4.15 sudah sampai di halte, karena antriannya akan sangat panjang. Perjalanan bus sekitar 30 menit yang terus menanjak, dan akan terlihat beberapa orang yang sedang hiking karena jalur bus berdekatan dengan jalur hiking.

Sampai di gate machu picchu jam 6 pagi, dan mulai dibuka gerbangnya. Ada counter penitipan barang seharga 3 soles jika ingin menitipkan barang. Ada pemeriksaan permit, lalu juga dibagikan peta mengenai lokasi machu picchu, gunanya agar tidak tersasar karena ada 3 jenis permit, yaitu city only, city+montana (mountain), dan terakhir city + huaynapicchu yang dibatasi 400 orang perhari. Saya ambil city only jadi langsung ambil jalur menuju puncak guard house, untuk mengambil foto jam 7 pagi, seperti foto diatas. Masih pagi jadi masih banyak awan, kadang cuma ada jeda 30 detik lalu awan menutup lagi. Setelah itu tinggal ikut trek menurun sesuai peta, banyak juga petunjuk arah berupa panah, tinggal ikuti saja, tidak akan tersesat. Total mengelilingi reruntuhan kota machu picchu 2,5 jam. Jika menuju montana, siapkan 7 jam karena naik-turun 2 jam. Jika menuju huayna picchu, siapkan juga 7 jam karena naik turun bukit itu.

Jam 10.30 saya sudah keluar dari gate machu picchu, antri tiket bus lagi seharga $12 dan perjalanan menuruni bukit. Saat naik bus, bilang pada drivernya bahwa akan turun di jembatan menuju hydroelectrica, sehingga hemat waktu 30 menit jalan kaki, daripada turun di aguas calientes lagi dan jalan lagi. Kembali menyusuri rel kereta, dan tiba di stasiun hydroelectrica jam 2 siang, menunggu penjemputan minivan. Tiba di kota cusco jam 9 malam dan langsung tidur. Bangun pagi dapat sarapan dari hostel, dan berangkat menuju airport menggunakan bus kota 0,7 soles (3.500). Tiba di airport, menuju check-in counter Star Peru, lanjut ke gate keberangkatan dan beli souvenir machu picchu seharga 25 soles (125.000) untuk kenang-kenangan. Lanjut duduk di gate, tempat saya duduk sambil menulis thread ini
smile emoticon

Berapa total biaya ?
Saya anggarkan dari kota Lima menuju balik lagi kota Lima; karena kalau dari Indonesia menuju Peru ada banyak alternatif transit, Los Angeles maupun Amsterdam, bisa dicari sendiri mana yang nyaman dan terjangkau. Ikuti website secret flying atau airfarewatchdog yang sering mengabarkan LA-Lima $300 atau Amsterdam-Lima €300.
Total perjalanan hanya Lima-cusco-machu picchu-cusco-Lima sebesar $275 (3,85jt), sudah termasuk tiket pesawat, transport ke aguas calientes, permit masuk machu picchu, penginapan di cusco dan aguas calientes, makan sekitar 5-10 soles, dan oleh-oleh.

Perlu waktu berapa lama :
3 hari menginap di cusco dan 2 hari menginap di kota Lima sebagai kota transit. Jadi cukup 5 hari sudah bisa mencakup machu picchu. Tentunya sudah mahal tiket pesawatnya kan sayang kalau ngga menghabiskan 2-3 hari di kota transit seperti LA atau amsterdam, yaa tinggal ditambah aja jumlah harinya sesuai kebutuhan.

Sekiun share saya mengenai machu picchu, semoga membantu buat yang pingin ke machu picchu, foto-foto detail ada dalam comment nomor 1 sampai 10, jadi scroll comment keatas yaa, silahkan kalau ada yang mau tanya, langsung di thread aja.


Sumber:

Dibuat oleh Timz Gerrit melalui Grup Facebook Backpacker Dunia pada Tanggal 24 Januari 2016