Bagi yang masih bingung cara pengurusan E pasport,berikut adalah penjelasan langsung dari Kantor Imigrasi Waru yang saya dapat via email. Semoga artikel ini membantu Anda yang akan membuat pasport baru.

Berikut beberapa penjelasannya:

1. Untuk lokasi pengurusan E-paspor yaitu di kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya,alamat Jl. jend. S.Parman No.58A Waru-Sidoarjo
2. Untuk pengurusan E-paspor tidak bisa dilakukan secara online,yang bersangkutan langsung datang (walk in) ke kantor imigrasi dengan membawa semua persyaratan paspor (berkas asli)
3. Proses pengurusan E-paspor dan paspor biasa tidak ada perbedaan,yang bersangkutan datang ke kantor imigrasi pukul 07.30 s/d sebelum pukul 10.00 untuk mengambil nomor antrian dengan membawa semua berkas asli. Yang bersangkutan akan dipanggil sesuai dengan nomor antriannya untuk proses wawancara dan foto. Setelah itu baru dilanjutkan dengan pembayaran paspor di bank BNI dimana saja.
4. Berkas asli persyaratan pengurusan paspor yaitu :
a) KTP yang masih berlaku
b) KK
c) Akte Lahir/Ijazah maks SMA/Surat Nikah
d) Paspor lama

Dokumen penunjang

a) Surat Bukti Kewarganegaraan RI
b) Surat keterangan Ganti Nama
5. Proses pengurusan E-paspor mulai dari pengambilan nomor antrian s/d foto dan wawancara dilakukan dalam 1 hari kerja, untuk penyelesaian adalah 7 hari kerja terhitung setelah melakukan pembayaran di bank BNI
6. Setelah membayar paspor ke Bank BNI, tidak perlu lapor/datang ke imigrasi. untuk pengecekan status paspor silahkan SMS ke nomor 081230056677 dengan format ketik : paspor (spasi) 16 digit nomor permohonan.

Selamat mencoba
smile emoticon

Regards,
Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya di Surabaya.Semoga berguna.