sakura japan


Karena banyak yang pengen ke jepang dan sudah banyak yang share itinerary selama di jepang, saya coba membagi Tips Dan Info selama di Japan. Sebaiknya Tips dan info ini wajib diketahui sebelum kamu traveling ke Jepang

Sebelum membeli tiket alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal, jangan sampai nanti ada masalah dan menyesal di kemudian hari. Berapa orang yang akan pergi (sebaiknya sebelum menemukan tiket promo sudah ada kejelasan berapa orang yang akan pergi, karena jika nanti ada yang mau menyusul, harga tiketnya sudah berbeda (tiket promo hanya waktu tertentu saja)

Kapan waktu yang tepat traveling ke Jepang?

Jepang memiliki 4 Musim, yaitu musim semi (Maret, April, Mei), musim panas (Juni, Juli, Agustus), musim gugur (September, Oktober, November) dan musim dingin (Desember, Januari, Februari). Untuk lebih lengkap mengenai perkiraan suhu dan cuaca di Jepang bisa cek di sini melalui http://www.accuweather.com/en/jp/japan-weather.

Untuk yang ignin melihat sakura, informasi bunga sakura mekar bisa dilihat melalui http://www.japan-guide.com/e/e2011.html ,dan untuk mengetahui musim gugur bunga sakura bisa dilihat melalui http://www.japan-guide.com/e/e2014.html.

Akan berkunjung ke mana saja, berapa kota dan berapa lama selama traveling di Jepang?

Sebelum membeli tiket pesawat jangan langsung memutuskan bahwa 4 atau 5 hari sudah cukup, tapi setelah menyusun itinerynya, waktu yang diperlukan masih kurang. Waktu mengunjungi Jepang sebaiknya 6 - 12 hari, disesuaikan dahulu dengan waktu cuti, libur dan istirahat setelah perjalanan jauh. Baru kemudian ambil kepurusan akan ke mana saja dan menghabiskan waktu berapa lama.

Membeli tiket pesawat

Cuma pengen kasih pendapat kalo Airasia setelah di total ngak murah2 amat. Misal pengalaman TS, dapat Tiket pesawat Jkt -Haneda dan osaka - Jkt seharga 3,1 Juta. Bagasi pergi 500 ribu, Bagasi pulang 610 ribu, asuransi 50 ribu, makan 60 ribu dan terbang dari jam 8 pagi dari jakarta sampai di haneda jam 10 malam terpaksa sewa hotel 700 ribu Bagi ber 2. di sini untuk financial yang di keluarkan 4.670.000 dan habis waktu seharian untuk transit. di banding Garuda atau ANA pas promo sekitar 5,5 juta untuk full service (makan, bagasi, entertaiment included) yang terbang malam sampai pagi hari.

Tentu bagi yang bilang ngak pake bagasi dan nginep di bandara masih jauh lebih murah itu benar, Saya cuma ingin memberikan pendapat saya sehingga bisa lebih menentukan apa yang di butuhkan dan gaya traveling masing2 orang berbeda.

Info: Untuk airasia membeli add on (bagasi, makan dan asuransi) pas sudah pasti berangkat dan sudah terbit Visanya. Pembelian add ons masih bisa H- 24 jam sebelum keberangkatan, Untuk bagasi H -4 jam.

Mengurus Visa Jepang

Ngurus Visa jepang ngak susah asal Lengkap semua persyaratannya. TS lewat Agen dwidaya tour kena 425 ribu, hasilnya selesai 6 hari kerja. (Visa japan bisa di ajukan minimal 3 Bulan sebelum tangal keberangkatan). Untuk Free Viss E passport lapor sekali kena 50 ribu di dwidaya. Kalo Urus sendiri kedutaan Japan, E passport Free, Passport biasa single entry 350 ribu.

Sekilas Syarat Visa jepang yah :

  • Paspor Asli yang masih berlaku 6 bulan ketika tangal keberangkatan
  • Formulir Permohonan Visa. PDF bisa didownload di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html .
  • Pasfoto terbaru (ukuran 4.5 x 4.5) dan tanpa latar, Biasa tukang fotonya sudha tau
  • Foto kopi KTP
  • Foto kopi kartu mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (apabila mahasiswa)
  • Bukti Pemesanan Tiket Pesawat dan hotel print out
  • Jadwal perjalanan. ( ada formnya yang nanti di isi)
  • Fotokopi dokumen yang menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti KK, akta lahir, buku nikah (bila pemohon lebih dari 1).
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Fotokopi bukti keuangan seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir. Kalo deposito harus asli
  • Surat rekomendasi dari kantor, Kalo karyawan biasa di minta. Kalo pengusaha kadang di Minta SIUP nya..

Yen Jepang

Banyak Mesin Atm di 7-11 Jepang yang tarik tunai, kena ratenya juga Bagus. Yang sudah confirm Bisa Kartu debit BCA dan Mandiri. Jangan ampe bawa rupiah tuker yen di sana, karena kenanya jadi mahal Harus tuker Rupiah Ke dolar US, baru Dolar US ke Yen jpn. bisa kena 1 yen =Rp 180 (pengalaman temen). Mesin ATM yang menerima kartu negara lain harus ada Logo Cirrus, Visa atau mastercard.

Tambahan. Ada yang confirm BNI dan CIMB biasa juga bisa di ATM 7-11. tapi untuk jaga2 jangan bawa 1 kartu saja kalo ada. Untuk tuker di indonesia, bisa ke money changer terdekat. Patokan ratenya Bisa Via BCA Atau https://www.vip.co.id

Ada yang biasa nuker Logam yen 500, tapi TS kurang tau tuker dimana. ratenya biasanya lebih murah Rp 10 per yen. Bagi yang bingung kebanyakan uang logam jepang pas dapat kembalian, 10 50 atau 100 yen bisa pake buat top up kartu pasmo atau suica saja. tapi coin 1 yen tidak di terima di mesinnya.


Internet

Bisa beli Sim card di indonesia atau Sewa Wifi selama di sana. Info untuk sim card Beli di JTB travel Indonesia harga 390 ribu quota 150 MB / hari selama 15 hari, bisa tethering. Sewa Wifi juga bisa bawa dari jakarta. Bisa
di tanyakan di travel agent terdekat. Biasa travel agent khusus Jepang JTB atau HIS.

Beli Sim card di jepang susah sekali. di convention store kaya family mart seven eleven ngak jual sama sekali. yang jual adalah toko Handphone dan elektronik yang agak besar biasanya. dan setingnya manualnya pun agak susah. Soal harga sedikit lebih murah dari beli di indonesia, Kuota 2 GB untuk 15 hari seharga 3300 yen.

Free Wifi ada di Station kereta dan sekitaran Convenience store, familymart, lawson, seven eleven (ada yang survive selama seminggu kaga tersesat numpang wifi dari depan family mart).

Imigrasi

Untuk Proses Imigrasi santai saja kalo pengen jalan2. Asal Kelengkapan Tiket Pulang, tempat Tinggal selama di Jepang. dan Itinerary selama di sana bisa di print untuk di tunjukan apabila di Minta. kadang mereka menanyakan hal tersebut, tapi Intinya cuma mengingatkan bahwa Visanya hanya berlaku 15 hari. Setelah Imigrasi masih ada bagian Custom lagi. yang pasti Baik2 orangnya dan ngak serem tampangnya.

Listrik

Siapkan converter karena berbeda kepalanya dengan di indonesia. dapat di beli di daisho 100 yen.

Hotel / penginapan selama di jepang

Banyak yang memakai Agoda.com atau Booking.com selama di jepang. Untuk booking.com pembayaran biasa dilakukan di hotel tempat tingalnya. Sedangkan Agoda akan di potong lewat kartu kredit H-2 Sebelum menginap.

Cuma memberi Info bahwa menyewakan rumah (coach surfing, atau Airbnb) tanpa ijin di jepang adalah illegal. Cuma Info saja, tapi ngak ada masalah selama ini. mungkin belum ada tindakan tegas. Yang perlu di perhatikan ketika memesan kamar di web. Skor dari pengunjung, free cancelation, Lokasi dekat transport, Jam cek in dan cek out, Kamar mandi ada yang sharing (onsen, private, atau dalam kamar).

Tips Untuk situs agoda

Pesan Seawal mungkin dengan situs agoda, cari yang ada Free cancelationnya. apabila pas hari H mau di cancel tapi keluar biaya cancelation bisa telepon ke customer servicenya untuk di batalkan. Maksud dari pesan seawal mungkin karena rate yang akan dipakai agoda ketika di tagihkan adalah rate pas pemesanan, bukan pas kita tinggal. misal Kurs yen pas kita pesan 110 yen terus pass kita nginap kursnya udah 125. total yang di potong di kartu kredit adalah pas kita pesan 110 yen. apabila atau kartu kredit tertentu dapat potongan diskon 7% lagi yang ada AN* dan HSB*. ketik saja www.agoda.com/XXX . CMIIW yah

Bahasa

Bahasa ingris laku dikit2 saja. tapi banyak petunjuk jalan dlm bahasa ingris di daerah wisata. bahkan Theme Park di disney land/ Sea dan Universal Studio Japan mayoritas dalam bahasa Jepang shownya, dan tidak ada text ingrisnya. apabila mau jaga2 bisa instal voice translate di android/ translate.

Transportasi

Selama di jepang biasanya memakai Bus atau Kereta. transportnya sangat Nyaman dan tepat waktu sampai menitnya. Disarankan beli kartu langanan seperti Pasmo Suica atau lainnya(berlaku di semua jalur kereta, bus, beberapa mesin vending, dan 7 eleven). Semua Mesin tiket ada pilihan bahasa ingris dan ketika beli kartu pasmo/ Suica tidak perlu registrasi nama dan lainnya.

JR PASS = harga 29.100 (sekitar 3,4 juta) yen berlaku 7 hari. Bebas memakai semua transportasi dari perusahaan JR termasuk shinkansen (kecuali shinkansen nozumi). Di sarankan kalo yang sering pake Shinkansen dan keliling banyak kota di jepang.

Sayangnya transport di Jepang relatif mahal ke mana2. (salah satu pengeluaran terbesar TS. sebesar 2,6 jutaan, shinkansen 1 way sudah 11.000 yen dari odawara). Tapi banyak tiket terusan atau pass selama di jepang, Bisa di pelajari di sini, http://www.japan-guide.com/e/e2359.html  . Apabila bingung mau memakai pass apa saran saya beli manual pake Pasmo ato Suica, karena lebih bebas mau pake JR, Metro atau subway dari lokasi terdekat kita . Kecuali Buss pass di kyoto 500 yen, karena sekali naik bus sudah kena 260 yen.


Peta Selama di Jepang

TS hanya memakai Google Map dan ini sangat membantu, awalnya cuma bingung ketika masuk station dan arah keretanya.

Tempat Wisata

Sebelum ketempat wisata, harus di perhatikan waktu bukanya, jangan sampai nyesel kaga masuk. Misalnya Kuil2 seperti Meiji Jingu ada waktunya sampai jam 5 atau 6 Sore saja, Cable Car di Hakone sampai jam 3.30 saja. Sight Cruise hakone cuma sampai 5.45. untuk cek waktu operasionalnya bisa cek google. Sebagian besar Free, tapi ada juga yang bayar 300 - 500 yen.

Makanan

Makanan di jepang yang biasa terkenal sushi, ramen dan takoyakinya cuma pengen kasih beberapa rekomendasi, tapi tidak tau halal atau tidak. Genki Sushi / kaiten sushi, Ichiran ramen, Takoyaki, Ciri khas takoyaki osaka itu dalamnya lumer, jadi agak aneh sih.

Etika Makan kalo makan di tempat makan di jepang yang masih jarang di ketahui orang yaitu dilarang 2 ato lebih orang pesan 1 makanan saja. kalo 2 orang pesan 2 makanan terus sharing ngak masalah. Di FOOD COURT setelah makan nampan dan piring di balikin ke tempat ordernya.


Oleh-oleh

  • Kalau ke harajuku ada toko Daiso terbesar, di sana banyak oleh2 yang 100 yen seperti boneka, dompet, kertas origami, sumpit, Wind chime, gantungan kunci.
  • Asakusa,Nakamise street market. DI sini juga jual banyak jual oleh2. Soal harga yah made in japan.
  • Di daerah sekitar kuil2, seperti kiyumizudera atau fushimi inari
  • Kalo suka action figure bisa main Ufo cather 100 yen tiap kali main tapi dapatnya susah sekali, Kadang ada yang jual langsung 2000 yen di luar tokonya. Atau bisa main gachapon sekitar 200 - 300 yen
  • Oleh2 makanan yang terkenal dari jepang, biasa makanan yang ada green tea atau tokyo banana ( harga oleh2 di airport lumayan murah dan terjangkau dan tax free langsung).
  • Yang suka action Figure atau gunpla, ada baiknya jangan beli di toko Besar di daerah akihabara, toko2 kecil di jalan kecil lebih murah jualnya.

Tax Free

Tax di jepang sebesar 8%. untuk orang dari luar jepang bisa mendapatkan Tax free dengan Minimal pembelanjaan 5400 Yen(setelah pajak) dalam 1 struk (untuk makanan, minuman, kosmetik dan obat obatan) atau minimal 10800 (untuk elektronik atau pakaian ), Setelah itu biasanya hanya menunjukan Passport dan struknya ke bagian tax free toko tersebut. Untuk yang sudah kena tax free, barangnya biasa di segel khusus dalam kantong plastik khusus dan mendapat struk tax free yang akan di cek di bandara. tapi TS buka segelnya dan masukin semua ke koper dan masuk ke bagasi ngak di cek lagi koq di bandara. mungkin nominal kecil makanan saja. Info. Lum tentu tax free itu barangnya lebih murah dari yang udah ada tax di toko lokal yah.

Theme Park

Jepang terkenal akan 2 theme parknya yaitu Universal studio japan di osaka dan disneyland / disney sea. Semua wahana disana dalam bahasa jepang only, sedikit sekali yang ada text ingrisnya. mau Bagi2 Tips untuk bisa mengunjungi semua tempat di theme park dalam 1 hari meski sedang rame.

Disneysea

Untuk mencapai DisneySea cari Kereta dan turun di Maihama (+/- 50 Km dari tokyo), terus bisa naik kereta khusus Disney atau jalan kaki 15 menit. harga tiket masuk 6800 yen.

  1. Instal aplikasi Disney sea tokyo di Hp android. nama aplikasinya TDR wait time check/. aplikasi ini akan menunjukan waktu real time kira2 berapa lama waiting time untuk setiap wahana. ketersediaan Fast pass (pass past ada quotanya, kalo sudah mencapai quota bakal abis atau tulisannya finished)
  2. Cek crowd calendernya, http://tdrnavi.jp/forecast/disneysea?lang=en tapi kadang bisa meleset juga prediksinya
  3. Datang sepagi Mungkin dan ambil Fass Pass (FP). FP di disneyland / disney sea itu gratis. nanti ada jalur Khusus untuk antrian fast pass dan itu hanya kurang dari 15 menit. Aturan Fass passtnya yang perlu di ketahui adalah:
    • Setelah ambil fast pass, bisa mengambil Fast pass berikutnya 1 jam lagi
    • Di lembar Fast Pass ada waktu di suruh kembali lagi
    • Ada 8 Wahana Yang punya Fast Pass di disneysea, Saya urutkan dari antriannya biasa paling lama. Toy Story, Journey center Of earth, Indiana Jones, Tower Of terror, Raging Spirit,Mermaid langoon theater, Storm Rider, 20.000 league under the sea..

      Contoh Kasus. Pagi2 datang jam 9.30 (kadang theme parknya sudah buka dari jam 8.30 kalo rame). langsung ke Mesin fast pass di area toy Story, Scan Tiket kamu dan Keluar fast passnya yang akan di suruh kembali lagi jam 15.30 - 16.30. Selama itu kamu bisa coba atraksi lain atau foto dengan karakter disney, terus Jam 10.40 an ke mesin di Journey center Of earth dan dapat tiket fast Passnya jam 13.00 - 14.00. gesek lagi fastpassnya jam 12 di indiana jonesnanti di suruh balik jam 17.00- 18.00. nanti kalo sudah waktunya di fast pass datang aja ke sana dan langsung bermain.
      tanpa fast pass antri manual bisa 2 jam an. pake fast pass sekitar 5 - 15 menit saja antrinya.

    • Show fantasmic jam 8.00. Show dan parade lainnya tergantung event bulanan bisa cek di aplikasi di atas.

Universal Studi Japan (Osaka)

  • Terletak di Osaka bay, harus beberapa ganti kereta dari tengah kota, Osaka
  • Sebelum masuk USJ ada Universal walk, disini jual makanan dan oleh oleh.
  • Harga Tiket 7200 Yen one day full. Untuk waktu tertentu pass bulan oktober bisa masuk setengah hari dari jam 3 siang Seharga 5800 Yen (twilight pass)
  • Permainan sebagian hampir sama dengan Universal studio Singapore ( Spiderman USJ = transformer USS), Jurasic park.
  • Ada banyak layar yang menunjukan waktu estimasi setiap wahana.
  • Point Plus: area harry Potter. Untuk masuk ke area ini juga harus Antri juga dengan menscan tiket kita di mesin yang ada di dekat area jaws. Setelah waktu tsb kita hanya bisa masuk ke area harry Potter. Lum antri Tiap wahana lagi. total ada 3 Wahana di area Ini. Harry Potter and the Forbidden Journe 4K3D (recomended), Flight of the Hippogriff (roller coster doang), Oliver wand Shop (ada atraksinya dikit). Antrian di sini juga panjang2 ampe 3 jam an harry potter
  • Untuk beberapa wahana ada yang namanya single rider, Antriannya jauh lebih pendek tetapi ngak bisa duduk bareng temen.
  • Magical Starlight parade setiap jam 8 malam. Akan di ganti bila event lainnya seperti natal atau halloween.
  • Tersedia Fast pass juga disini, tetapi harus beli. 3 X fast pass seharga 3000 yen, ada untuk 5 dan 7 X.

Saran-saran dan info:

  • Spare waktu Lebih dari 4 Jam Untuk ke bandara osaka ketika Pulangnya (osaka ada 2 bandara, Yang pake airasia dari KIX (kansai airport). (kalo haneda mungkin relatif gampang jalurnya) karena kita di negara orang lain. Banyak kemungkinan yang terjadi seperti salah jalan. keretanya masih menunggu waktu keberangkatan, Tersesat, antri di imigrasi dan lain2. lagipula di bandara banyak tempat Shopping yang tax free. TS tersesat di station Umeda yang lantai bawahnya mirip labirin.
  • Susun itinerary ngak usah padat2, nanti malah kecapean untuk hari besoknya. 1 hari max 2- 3 tempat saja, kalo untuk tempat cadangan mungkin bisa di siapkan.
  • Sopanlah di negeri orang, ikuti aturan yang ada. seperti buang sampah pada tempatnya, Antri , nyebrang jalan lihat lampu lalu lintasnya dan nyebrang pada tempatnya, Menunggu orang keluar terlebih dahulu dari
    Kereta, Bus atau elevator baru kita masuk. dan memakai eskelator pada jalur cepat atau lambat.

Finally Jepang negara yang aman, nyaman, indah dan tertib, nikmati perjalananmu. Kurangi pemakaian gadgetmu untuk chating dan update status. Kalo ada info yang salah kasih tau yah.. CMIIW

Sumber:

- Artikel & Gambar/Photo oleh Henry Wijaya melalui Grup Facebook Backpacker Dunia pada Tanggal 28 Januari 2016.- Editing oleh Admin MajalahPagi.Com