Hari ini saya berhasil memasuki Korea Selatan bermodal visa Jepang dengan skema transit tourist bound for another country. Cara ini berlaku untuk pemilik visa Amerika/Jepang/Kanada/Australia/NZ yang masuk dari/menuju ke negara tersebut. Contohnya saya dari Jepang, masuk Korsel, lalu keluar lagi ke negara ketiga. Tidak ada masalah dari petugas. Dapat stempel untuk 30 hari. Voila!

P.S.

Cara ini tidak berlaku untuk pemegang visa waiver Jepang ya. Harus visa biasa dari Kedubes.

  1. Skema ini juga diperbolehkan bagi pemegang reentry permit 5 negara tersebut. Kemungkinan permanent resident Jepang juga bisa masuk apabila memiliki reentry permit ini. Berhubung saya kurang paham teknisnya, boleh telepon Kedutaan/Konsulat Jenderal Korea Selatan untuk memastikan. Hehe.

  2. Maksud negara "ketiga" di contoh saya adalah negara selain Korea Selatan. Bisa jadi kembali ke Indonesia lagi. Yang penting Korea Selatan bukan tujuan terakhir, dengan bukti tiket keluar.

  3. Di bandara Kansai (tempat saya naik pesawat ke Seoul), saya ditanya petugas tentang visa Korea Selatan saya. Saya cuma menjawab "Nihon no biza ga areba, Kankoku no biza ga irimasen" (jika ada visa Jepang, tidak perlu visa Korea). Lalu petugas minta tiket keluar saya dari Korea Selatan, dan setelah saya tunjukkan dia mempersilahkan saya dengan senyuman manis.

  4. Jika di bandara di Korea Selatan ditanya "Where do you come from?" jawab aja "Japan". Maksudnya bukan nanyain negeri asal kita, tapi dari mana kita memasuki Korea Selatan. Petugasnya udah paham kalo kita bisa masuk dari Jepang menggunakan visa Jepang.

  5. Visa waiver adalah program masuk Jepang bebas visa yang berlaku sejak Desember 2014 lalu, dengan syarat yaitu pemegang e-paspor yang mendaftarkan diri di Kedubes Jepang. Visa waiver ini TIDAK BISA digunakan untuk masuk ke Korea Selatan tanpa visa.

  6. Saya sebenarnya sudah terdaftar visa waiver Jepang. Tapi berhubung visa Korea Selatan lebih mahal & saya lebih cinta Jepang, jadi saya bikin lagi visa turis biasa untuk Jepang. Hehe. Boleh kok. Lagipula mengingat syaratnya lebih mudah, saya lebih mantap mengurus visa Jepang.

Sumber:
Dibuat oleh Yoga Prabowo melalui Grup Facebook Backpacker Dunia pada Tanggal 3 September 2015