Daftar Tempat Wisata di Singapura Gratis Yang Wajib Dikunjungi. Karena saya sering melihat masih banyak newbie yang bertanya kalau backpacker ke Singapore jalan ke mana aja yang rekomen, berikut saya rangkum tempat tempat wisata yang ada di Singapura yang bisa dikunjungi secara gratis, lengkap dengan cara menuju ke sana.

Semoga bermanfaat bagi yang ingin traveling ke Singapore.

tempat wisata yang ada di singapura - Taman Gardens by the Bay

1. Gardens by The Bay

Gardens by the Bay adalah sebuah Taman kota yang luas. Gardens by The Bay menawarkan pemandangan pantai yang sangat memukau dilihat dari ketiga kebun rayanya. Luas dari Gardens by The Bay lebih dari 101 hektar lahan hasil dari reklamasi, terletak di sebelah Marina Reservoir. Gardens by the Bay menawarkan kepada kamu pemandangan pantai yang sangat luar biasa.

Transportasi menggunakan MRT: Bay Front. Kebetulan saat saya berkunjung ke sini bulan Desember lalu sedang ada Christmas Wonderland & The Future of Us Exhibition. Saat ini Christmas Wonderland sudah tidak ada, namun The Future of Us Exhibition dapat dikunjungi hingga 8 Maret 2016.


tempat wisata yang ada di singapura

2. Rooftop Garden di atas Orchard Central

MRT: Somerset. Dari MRT Somerset pilih jalan keluar yang langsung menuju Orchard Central lalu naik ke lantai paling atas dengan eskalator ataupun lift.


tempat wisata di singapura

3. Lower Peirce Reservoir

MRT: Ang Mo Kio , lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki ke AMK Hub, naik bus no 167. Turun di bus stop tepat di seberang Sembawang Hill Food Centre, dilanjutkan berjalan kaki 5-10 menit.


tempat wisata di singapore

4. Bugis Area

MRT: Bugis. Banyak sekali tempat menarik yang dapat dikunjungi di area Bugis di antaranya adalah Masjid Sultan & Haji Lane yang sangat terkenal.


tempat wisata di singapore

5. Henderson Waves Bridges

MRT: Harbour Front lalu dilanjutkan dengan bus no 131 dari bus stop di depan Vivo City. Bila sekalian mengunjungi Mount Faber, jembatan ini dapat diakses dengan berjalan kaki selama 20-30 menit dari Harbour Front MRT melewati Mount Faber.


tempat wisata di singapore

6. Mount Faber

MRT: Harbour Front. Dari MRT Harbour Front ada 2 pilihan menuju Mount Faber dengan Cable car ataupun berjalan kaki selama 20 menit. Karena mau wisata gratis tentu saja saya memilih berjalan kaki.


tempat wisata di singapore

7. Labrador Nature Reserve

MRT: Labrador Park lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 15-20 menit atau bus no 408.


tempat wisata di singapore

8. Haw Par Villa

MRT: Haw Par Villa. Dari pintu keluar MRT pintu gerbang Haw Par Villa sudah terlihat sangat jelas.


tempat wisata singapura

9. Punggol Waterway Park + Lone Tree

MRT: Punggol dilanjutkan dengan LRT (east) stop di stasiun Damai, atau bus no 84 dari Bus stop di depan Punggol MRT.


tempat wisata singapura

10. Punggol Beach

MRT: Punggol, lalu dilanjutkan dengan bus no 84 dari bus stop didepan Punggol MRT, turun di pemberhentian terakhir.


tempat wisata singapura

11. Crane Show di Sentosa

MRT: Harbour Front lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 10-15 menit melalui Sentosa Broadwalk atau dengan tram dari Vivo City (biaya $4), sekali lagi karena ingin wisata gratis saya memilih berjalan kaki. Crane Show ini dapat dinikmati setiap, tepat pukul 9 malam, namun bila ingin mendapatkan tempat duduk sebaiknya datang lebih awal.

tempat wisata singapura


12. Rooftop Garden

Taman Bermain Anak serta Perpustakaan gratis di NEX , Serangoon.
MRT: Serangoon, pilih pintu keluar yang langung menuju ke NEX kemudian naik ke lantai paling atas dengan lift/ eskalator.


tempat wisata singapura

13. Perpustakaan Gratis di Orchard Gateway

MRT: Somerset, pilih jalan keluar yang langsung menuju Orchard Gateway, perpustakaan terletak di Lantai 3 & 4.


tempat wisata singapura

14. Merlion Park

MRT : City Hall/Esplanade, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 10-15 menit.


tempat wisata di singapura

15. Buddha Tooth Relic Temple

MRT : Chinatown, dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 10menit.

Semua daftar tempat wisata yang ada di Singapura ini saya rangkum berdasarkan perjalanan saya selama 4 hari pada Desember 2015, kalau ada yang salah silahkan dikoreksi. Selain 15 tempat di atas masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Singapura yang bisa dikunjungi secara gratis.

Tips : kelompokkan tempat wisata yang ada di Singapura yang jaraknya berdekatan/searah (1jalur MRT) untuk menghemat waktu.


Sumber:

Daftar tempat wisata di Singapore dibuat oleh Ameilia Wang melalui Grup Facebook Backpacker Dunia pada Tanggal 23 Januari 2016


Apa saja daftar tempat wisata Singapura yang sangat menarik untuk Anda kunjungi, mari kita bahas satu per satu. Singapura telah lama menjadi tujuan wisata populer bagi masyarakat Indonesia. Ini karena biaya perjalanan ke Singapura tidak terlalu mahal. Wisatawan Indonesia memang hobi mengunjungi tempat wisata Singapura yang unik. Foto dengan latar belakang patung Merlion dan gedung Esplanade tentu memberikan pengalaman mengesankan.

Oleh karena itu, pada kali ini akan memberikan informasi daftar tempat wisata Singapura yang bisa Anda jadikan sebagai referensi liburan Anda. Setiap lokasi memiliki cerita dan keunikan masing-masing dan banyak yang gratis sehingga sangat cocok untuk kantong para backpacker. Ini dia daftar lengkap wisata Singapura kami sajikan untuk Anda.

Daftar Tempat Wisata Singapura

#1 Merlion Park

wisata singapura
Di Merlion Park kita dapat melihat patung berkepala singa, berbadan ikan, patung ini merupakan ikon atau maskot Singapura. Taman Merlion Park buka setiap hari selama 24 jam penuh dan gratis alias Anda tidak dipungut biaya sepeser pun, sehingga menghemat biaya wisata Anda.

Selain menikmati suasana dan berfoto, di sini Anda bisa menikmati Singapore River yang berada dekat lokasi wisata ini.

Rute Menuju Merlion Park

Letak Patung Merlion adalah di 1 Fullerton Rd. Menuju Merlion Park bisa melalui stasiun MRT terdekat yaitu Rafles Place. Dari stasiun MRT bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri sungai Singapore River dengan tujuan ke arah Fullerton Hotel. Disamping bangunan ini terdapat Patung Merlion.

Belum lengkap rasanya melakukan wisata Singapura jika belum berfoto dengan latar belakan Patung Merlion. Anda dapat berkunjung ke sini kapan saja dan ini merupakan tempat wisata di Singapura yang gratis untuk dikunjungi.

 

#2 Universal Studios

wisata singapura

Sudah pasti Anda pergi ke Dufan liburan bersama keluarga di Jakarta? Di Singapore ada Universal Studios, yaitu taman hiburan yang mirip dengan Dugan di Jakarta. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan harga tiket.

Harga tiket Universal Studios di Singapura lumayan mahal jika Anda berkunjung pada akhir pekan, hari libur, tanggal merah maupun saat musim liburan. Harga tiket pada musim liburan dapat mencapai 1 juta rupiah per orang (dewasa).

Antrian sangat panjang karena Universal Studios merupakan salah satu tempat wisata Singapura yang populer. Bagi Anda yang tidak suka antri terlalu lama, Anda bisa membeli tiket dengan kelas prioritas, yang pasti harganya lebih mahal dari harga tiket reguler.

Jika harga tiket terasa mahal dan ingin menghemat, cara terbaik adalah dengan berfoto di depan pintu gerbang.

 

#3 Orchard Road

orchard road singapore

Suka berbelanja sambil berjalan-jalan santai? Jangan lupa untuk berkunjung ke Orchard Road, yaitu nama jalan tempat wisata belanja di Kota Singapura yang sangat terkenal. Di sini akan banyak menemui restoran, spa, dan spot tempat belanja tentunya.

Berkunjung ke Orchard Road tidak dipungut biaya, tetapi siapkan keuangan Anda jika akan berbelanja sepuasnya. Disarankan untuk mencari hotel di sekitar agar tidak merasa kesulitan ketika membawa barang belanjaan.

Walaupun tidak belanja, di sini cocok untuk Anda yang hanya ingin berjalan-jalan sambil menikmati suasa Kota Singapura.

Disarankan datang ke sini ketika Jam pertokoan sudah buka, yaitu antara pukul 10.00 s/d 22.00 waktu Singapura. Di sini banyak terdapat tempat belanja, wisata kuliner dan jalan-jalan gratis.

Tempat populer yang berada di sini antara lain Lucky Plaza, Mal Ion Orchard dan area di depan Takashimaya.

Rute Menuju Orchard Park:

Orchard Road terletak di lokasi yang mudah dijangkau langsung dari MRT Changi. Dari MRT Changi menuju ke Orchard Road dapat naik MRT Jalur Hijau kemudian turun di City Hall. Dari City Hall kemudian mengambil jurusan jalur merah dan berhenti di Somerset atau Orchard. Lanjutkan dengan berjalan kaki menuju Orchard Road.

 

#4 Marina Bay Sands

marina bay sands singapore

Marina Bay Sands merupakan tempat wisata Singapore yang terdiri dari 3 gedung yang terhubungan oleh bangunan mirip kapal dan terlihat unik. Terdapat ribuan kamar hotel, kasino, mal, klub malam, restoran, taman dan ruang kesenian di dalamnya.

Dan yang lebih unik lagi, di atas ketinggian 200 meter terdapat kolam renang dengan ukuran 150 meter yang menyajikan pemandangan Kota Singapura. Anda akan dikenakan biaya masuk sekitar 250ribu rupiah untuk dapat naik ke atas Marina Bay Sands.

Disarankan datang ke sini pada malam hari setiap pukul 20.00 dan 21.30 waktu setempat, karena Anda akan dapat menikmati pertunjukan gratis yaitu “Wonder Full Light & Water Spectacular”, yaitu pertunjukan cahaya laser, atraksi cahaya dan efek yang menakjubkan.

Lokasi untuk berfoto yang paling populer adalah di Sands 10 Bayfront Avenue Singapura. Dengan berfoto di sini maka telah menunjukkan bahwa Anda sedang berada di Singapore.

Rute Menuju Marina Sands Bay

Naik MRT dan turun di stasiun MRT Promenade dan stasiun Marina Bay. Anda dapat melanjutkan dengan berjalan kaki karena stasiun ini merupakan yang terdekat.

 

#5 Esplanade

esplanade Wisata Singapura

Esplanade sering disebut Theatres on the Bay atau Gedung Durian. Terletak di 1Esplanade Dr, Singapore. Tepatnya di seberang Merlion Park. Di dalamnya terdapat gedung pertunjukan atau teater.

Selain itu ada juga pertokoan dan area terbuka tempat pertunjukan yang gratis. Diluar gedung kamu bisa berfoto ria dengan latar belakang gedung yang menjulang tinggi dan Marina Bay Sands.

Jam operasional Esplanade mulai pukul 12.00 s/d 20.30 waktu Singapura. Jangan lupa di sini juga ada perpustakaan yang lengkap.

Rute Menuju Esplanade

Yang paling mudah adalah dengan naik MRT, dari City Hall dapat ditempuh dengan waktu 10 menit dengan berjalan kaki dan Exit D Esplanade Circle Line Station. Kemudian melewati underpass yang sudah terkoneksi dengan beberapa Mal seperti Rafles City, Citylink, Suntec City, Marina Square dan Millenia Walk.

 

#4 Clarke Quay

Clarke Quay Wisata Singapura

Terletak di 3river Valley Road, Singapore. Terdapat dermaga yang terletak di pinggir Singapore River. Di sini Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan di sekitar.

Di sini dipenuhi dengan bangunan tua berarsitektur China yang dicat berwarna-warni. Selain itu ada juga restoran, café, bar dan jazz club yang selalu ramai pada malam hari.

Rute Menuju Clarke Quay

Untuk menuju ke sini, Anda bisa naik MRT jalur ungu dan kemudian turun di NE5 atau Cark Quay MRT Station. Anda dapat ke sini kapan saja dan gratis tentunya.

 

#7 Gardens by The Bay

Gardens by The Bay Wisata Singapura

Salah satu tempat wisata Singapura yang favorit dengan taman raksasa 100 hektar. Terletak di belakang Marina Bay Sands yaitu di 18 Marina Gardens Dr, Singapore.

Di sini Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati suasana yang nyaman. Selain itu juga terdapat banyak koleksi tanaman langka di dalam rumah kaca raksasa dengan arsitektur berbentuk kerang. Waktu operasional adalah pukul 09.00 s/d 21.00 Waktu Singapura. Tiket masuk ke dalam konservatorium adalah sekitar 28 Dollar Singapura.

Di sini Anda bisa menjumpai berbagai koleksi tanaman langka dalam sebuah rumah kaca raksasa atau dome dengan arsitektur berbentuk kerang. Untuk masuk konservatorium ini Anda dikenakan tiket sebesar S$28/orang dengan jam operasional mulai pukul 09.00 - 21.00.

Untuk mengunjungi outdoor mulai pukul 05.00 s/d 02.00 tidak dikenakan biaya alias gratis.

Cara Menuju ke Gardens by the Bay

Naik MRT jalur kuning kemudian turun di Bayfront Stasion. Setelah itu keluar di Exit B dan Anda akan bertemu area Dragonfly & Kingfisher Lake.

 

#8 Chinatown

Chinatown Wisata Singapura

Merupakan tempat wisata Singapura yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di sini merupakan kawasan dengan ciri khas oriental sehingga terlihat tampil beda.

Di sini Anda dapat berbelanja barang-barang yang murah, dan banyak tersedia oleh-oleh atau souvenir untuk di bawa ke Indonesia. Jam buka toko adalah mulai pukul 10.00 s/d 22.00 waktu singapura. Selain itu terdapat juga wisata kuliner yang menarik dan wajib untuk Anda cicipi.

Cara Menuju Chinatown

Chinatown terletak di Pagoda St, Singapore. Untuk mencapai ke sini, Anda bisa naik MRT jalur kuning dan hijau, kemudian turun di NE4/ER1 Chinatown Stastion.

Chinatown merupakan tempat wisata Singapura yang populer, yang memiliki kawasan dengan berbagai gerai dengan atribut Oriental, sehingga membuat kawasan ini tampil beda. Anda bisa mencapai lokasi ini dengan naik MRT jalur ungu dan kuning, lalu turun di Chinatown Station (NE4/ER1).

 

#9 Museum Madame Tussauds

Museum Madame Tussauds Singapore

Penasaran dengan patung lilin tokoh dunia dan artis internasional pujaan Anda? Museum Madame Tussauds adalah tempatnya.

Di sini Anda bisa melihat patung lilin yang sangat mirip dengan aslinya. Anda bisa berfoto sambil menyentuh toko favotir Anda seperti Presiden Obama sampai bintang Holywood juga ada di sini.

Harga tiket untuk masuk ke museum ini adalah 35 Dollar Singapura untuk orang Dewasa dan 25 Dollar Singapura untuk anak-anak. Jam buka adalah setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 21.00 waktu Singapura.

 

Bersambung ya informasi lengkap Daftar Tempat Wisata Singapura – Foto & Video ......