Kapan Waktu Terbaik Melihat Sakura di Jepang - http://majalahpagi.com
Tempat Wisata di Singapura
Tempat Wisata di Singapura Gratis Yang Wajib Dikunjungi
January 25, 2016
Festival Pesona Tambora Tahun 2016
January 25, 2016

Kapan Waktu Terbaik Melihat Sakura di Jepang

Sakura jenis Somei Yoshino di Taman Shinjuku Gyoen. Di taman ini juga tumbuh jenis sakura yang early bloom dan late bloom. Jika beruntung mungkin masih ada sisa- sisa sakura yang mekar. Akses terdekat adalah Shinjuku Gyoen Mae Station yang ada di Marunochi Line (Tokyo Metro). Dari sana tinggal menyeberang 1x, lalu sampai di Shinjuku Gyoen “Shinjuku Gate”. Untuk masuk ke dalam harus membeli tiket seharga 200 YEN untuk dewasa, atau 50 YEN untuk anak-anak.

Adakah rekan-rekan yang berencana hanami / melihat sakura musim semi tahun ini di Jepang? “Kapan waktu terbaik untuk melihat sakura?” “Kapan sakura mekar di Jepang?” “Bulan April pertengahan, sakura nya masih ada enggak ya?”

Post dibuat khusus untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan di atas. Sebenarnya tidak ada waktu “pasti” kapan waktu sakura mekar, karena faktor-faktor tersebut sangat dipengaruhi oleh cuaca, lokasi dan jenis sakura yang ingin dilihat.

Sakura jenis Somei Yoshino di Taman Ueno. Taman ini selalu penuh dengan orang- orang yang melakukan hanami ketika musim sakura tiba. Akses menuju Taman Ueno Stasiun terdekat adalah Ueno Station, pintu keluar Ueno Koen (Taman Ueno) 1) Dari Shinjuku Station naik JR Yamanote Line sampai ke Ueno Station. Durasinya 26 menit dengan ongkos 200 Yen. 2) Dari Tokyo Station naik JR Yamanote line sampai ke Ueno Station. Durasinya 10 menit dengan ongkos 160 Yen. 3) Dari Shibuya Station naik Tokyo Metro Ginza Line sampai Ueno Station. Durasi waktunya 27 menit dengan ongkos 200 Yen.

#KAPAN SAKURA MEKAR?

Jepang memiliki banyak jenis spesies bunga sakura. Yang paling populer adalah Somei Yoshino. Bunganya berwarna putih bersih tapi dengan sedikit warna merah jambu. Ciri khas sakura jenis Somei Yoshino adalah bunganya mekar lebih dahulu, sebelum daun-daunnya mulai keluar. Bunganya mekar secara serentak dan hanya dapat bertahan kurang lebih 7 sampai 10 hari dihitung mulai dari kuncup bunga terbuka hingga bunga mulai rontok. Rontoknya bunga sakura tergantung pada keadaan cuaca, dan sering dipercepat oleh hujan lebat dan angin kencang.

Forecast / ramalan kapan sakura mekar di Jepang mengacu kepada bunga Somei Yoshino.

Baca Juga  Pengalaman Mengurus Visa Schengen di Konsulat Belanda di Bali

Untuk melihat forecast / ramalan mekarnya bunga sakura bisa dilihat di website ini (biasanya diupdate setiap bulan Februari setiap tahunnya) : https://www.jnto.go.jp/sakura/eng/index.php

Di website tersebut dapat dilihat Sakura mekar paling awal dimulai dari Okinawa (Januari), lalu terus naik ke daratan Jepang bagian utara, sampai terakhir mekar di daerah Hokkaido (April). Bunga sakura mekar terlebih dulu di Tokyo, baru di Kyoto dan Osaka.

Sakura jenis Somei Yoshino di Taman Shinjuku Gyoen. Di taman ini juga tumbuh jenis sakura yang early bloom dan late bloom. Jika beruntung mungkin masih ada sisa- sisa sakura yang mekar. Akses terdekat adalah Shinjuku Gyoen Mae Station yang ada di Marunochi Line (Tokyo Metro). Dari sana tinggal menyeberang 1x, lalu sampai di Shinjuku Gyoen “Shinjuku Gate”. Untuk masuk ke dalam harus membeli tiket seharga 200 YEN untuk dewasa, atau 50 YEN untuk anak-anak.

Jika mengklik salah satu nama kota pada website tsb (tidak semua kota dapat diklik), maka akan muncul halaman detail lainnya yang menampilkan tanggal sakura mekar 10 tahun terakhir.

Dengan menggunakan list ini, kita dapat meramalkan kapan sakura mekar tahun di berikutnya dengan cara mengambil rata-rata tanggal mekar di tahun-tahun sebelumnya. Walaupun tidak akan 100% tepat, tapi cara ini bisa dicoba.

Sebagai contoh, waktu terbaik untuk melihat sakura mekar di daerah Tokyo dan sekitarnya adalah minggu terakhir di bulan Maret sampai minggu pertama di bulan April. Tapi itu tidak berlaku untuk tahun 2013. Jika dilihat dari list di atas, tahun 2013 sakura mekar lebih cepat. Sedangkan di tahun-tahun lainnya, sakura pertama kali mekar di atas tanggal 20 Maret. Karena itu, kapan sakura mekar tidak bisa diprediksi 100%, mungkin harus banyak-banyak berdoa agar sakura mekar ketika kita ke sana.

Baca Juga  Short trip ke Kuching (Malaysia) selama 3 hari oleh Urai Diya Rasinta ValarineJb

Tapi jangan khawatir, di sekitar Tokyo juga ada sakura jenis lain yang mekarnya sekitar awal Maret atau pertengahan April. Jadi kalian ga usah pergi dari Okinawa sampai ke ujung Hokaiddo demi mengejar sakura.

#SAKURA YANG MEKAR DI BULAN FEBRUARI

Sakura di taman Osaka Castle. Berada tepat di taman sebelum masuk ke Osaka Castle. Untuk menuju Osaka Castle, dari Osaka Station (JR) menaiki kereta JR yang menuju Osakajokoen JR Station. Exit Osakajokoen Station ada di sebelah timur taman Osaka Castle. Jika ingin melihat Osaka Castle, kami harus berjalan ke arah barat karena Osaka Castle letaknya di tengah- tengah taman

Sakura jenis Kawazu-zakura mulai mekar dari awal bulan Februari sampai awal bulan Maret, mempunyai karakteristik berwarna pink tua dan kelopak yang besar. Sesuai namanya, sakura jenis ini dapat dilihat di daerah Kawazu yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 40 menit dengan train dari Tokyo. Untuk akses menuju Kawazu dapat dicek di tautan berikut : http://www.kawazu-onsen.com/eng/access/

Bunga sakura jenis ini mempunyai waktu mekar lebih lama (kurang lebih sebulan), tapi waktu paling baik untuk melihatnya adalah di minggu terakhir bulan Februari sampai awal bulan Maret.

#SAKURA YANG MEKAR PERTENGAHAN SAMPAI AKHIR APRIL

Cara paling mudah dengan mengunjungi Shinjuku Gyoen Garden, di sana juga ditanam beberapa jenis sakura yang early bloom ataupun yang late bloom, walaupun jumlahnya tidak sebanyak Somei Yoshino.

Sakura jenis Yaezakura yang tumbuh di Shinjuku Gyoen Garden biasanya mekar sekitar pertengahan April. Jenis ini mempunyai jumlah kelopak lebih banyak dari Somei Yoshino dan berdaun.

Sekarang, sudah ada bayangan kan kapan harus booking tiket untuk melihat sakura ? Selamat berburu sakura!

Sakura di Chidorigafuchi, Tokyo. Tempat ini adalah tempat paling romantis untuk melihat sakura, in my opinion. Enggak banyak turis yang tau tempat ini, tapi tempat ini sering dilist di peringkat 1 “The Best Place to See Cherry Blossom”. Station terdekat : Kudanshita Station atau Hanzomon Station. Kalau kesini malam hari, bisa melihat sakura illumination. Waktu saya kesana, kebetulan lagi bulan purnama, bisa naik boat dan ada pemandangan bunga sakura. Romantis banget

Referensi :
https://www.jnto.go.jp/sakura/eng/index.php
http://www.kawazu-onsen.com/eng/sakura/
http://www.japan-guide.com/e/e2011_when.html
http://www.japan-guide.com/e/e2011_species.html
http://www.japan-guide.com/e/e6314.html


Sumber:

Dibuat oleh Linx melalui Grup Facebook Backpacker Dunia pada Tanggal 24 Januari 2016


Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *