Visa New Zealand

Cara Apply Visa Selandia Baru - New Zealand dari Indonesia. Sekarang sudah bisa apply visa Selandia Baru dari Indonesia. Ini cocok untuk kamu yang akan melakukan traveling ke Selandia Baru. Kamu bisa melakukan apply visa New Zealand melalui online, dengan catatan harus menyetor paspor kamu ke VFS New Zealand Indonesia di Jakarta. Jangan khawatir, kamu tidak harus datang sendiri karena bisa menggunakan jasa pos atau jasa pengiriman dokumen yang telah disediakan oleh VFS New Zealand.

Kabar yang paling bagus adalah biaya apply visa New Zealand online ini sangat murah. And the other good news is, IT'S WAY CHEAPER than usual paper application loh. Aplikasi manual, visa fee IDR 1.800.000,- dengan VFS fee IDR 240.000,-

Prosedur Apply Visa New Zealand Online

  1. Membuat akun baru di https://www1.logon.realme.govt.nz/cls/logon.logon?cid=1 dan jangan lupa untuk melakukan verifikasi akun dengan klik link verifikasi yang dikirimkan melalui email kamu yang telah didaftarkan.
  2. Kembali ke login ke web di atas untuk mengisi data kelengkapan melalui form online.
  3. Setelah kamu mengisi data formulir dengan lengkap, selanjutnya adalah upload sejumlah dokumen penting yang diminta pada halaman supporting document. Harap untuk diperhatikan spesifikasi foto seperti ukuran dan file yang diminta.
  4. Melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit pada halaman pembayaran. Setelah kamu melakukan pembayaran, jangan lupa untuk print halaman pembayaran sebelum beralih ke halaman berikutnya.
  5. Selanjutnya adalah bawa paspor, bukti pembayaran Online Application, dan lembar yang berisi data informasi kontak (nomor telepon, email serta alamat pengiriman kembali dokumen sehingga Pusat Aplikasi Visa (VAC) dapat dengan cepat dan mudah untuk menghubungi bila ada sesuatu yang diperlukan). Kamu bisa ke VFS New Zealand tanpa perlu terlebih dulu membuat janji. Alamatnya adalah di New Zealand Visa Application Centre, Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19, Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setia Budi, Kuningan, Jakarta. Jangan lupa melakukan pembayaran logistic fee di VFS New Zealand pada saat pengajuan.
  6. Apabila kamu akan menggunakan jasa antar jemput dokumen VFS, terlebih dahulu untuk melakukan transfer VFS Fee berikut dengan ongkos antar jemput dokumen. Informasi ini bisa dilihat di http://www.vfsglobal.com/newzealand/indonesia/Online.html
  7. Setelah melakukan pembayaran, kirim bukti transfer, nomor referensi aplikasi visa yang tertera pada bukti pembayaran VISA, berikut dengan data berupa nomor telepon, email, dan alamat penjemputan. Pengiriman kembali dokumen ini dikirim melalui email ke . Setelah kamu memperoleh respon maka dokumen siap untuk dijemput melalui balasan email yang sama. Jangan lupa untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen karena dalam waktu 2-3hari petugas akan datang menjemput dokumen.
  8. Setelah permohonan visa kamu diterima di VFS, lakukan update proses aplikasi melalui http://www.vfsglobal.com/newzealand/southafrica/track_application.html proses aplikasi berlangsung kurang lebih 5 hari sampai dengan 15 hari kerja (bisa lebih cepat bisa lebih lambat, tergantung embassy lagi sibuk atau tidak).
  9. Selama proses menunggu, diharapkan ponsel kamu harus selalu stand by karena kamu tidak akan pernah tahu kapan Embassy akan menelpon untuk verifikasi sesuatu (seperti yang saya alami, saya sempat ditelpon untuk interview sekilas).
  10. Apabila proses aplikasi visa selesai dan visa ranted, paspor siap diambil kembali di VFS atau dikirim kembali ke alamat pemohon jika menggunakan fasilitas antar jemput dokumen. Visa tidak akan ditempel ke paspor karena sifatnya E-visa. E-visa akan dikirim melalui email pemohon dan terlampir dalam bentuk dokumen hardcopy yang dilampirkan pada paspor.

Saya diberi kesempatan untuk memperoleh Multiple entry Visa dua (2) tahun dengan duration of stay tiga (3) bulan for each arrival. Yapp, bukan akumulasi 3 bulan, akan tetapi dibolehkan tinggal selama 3 bulan untuk setiap kali kedatangan, hihi-- Kalo ada rejeki setahun tiga kali bolak balik ke New Zealand bisa tinggal sampe 9 bulan (tapi sayang tiket dan living cost)

Semoga bermanfaat and may the force be with you.