Panduan Tour Eropa Murah 2016

TOUR EROPA MURAH 2016 BUDGET RENDAH UNTUK PEMULA

Tulisan Panduan Tour Eropa Murah 2016 ini untuk kamu yang ingin pergi ke Eropa dengan biaya serendah mungkin, mulai dengan cara berhemat sampai menghasilkan uang dari kegiatan travelling kamu.

Waktu Terbaik Wisata Ke Eropa

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Eropa adalah ketika suhu/temperatur hangat, yaitu saat Spring (Bulan Maret-April) & Fall (Bulan September-Oktober).

Disarankan untuk tidak berkunjung ke Eropa ketika Musim panas karena semua orang Eropa akan keluar rumah, sehingga semuanya penuh dan mahal, yang jadi bukannya menikmati liburan kamu, yang ada bakalan ribet gak jelas.

Dan disarankan Juga tidak berkunjung ke Eropa pada saat musim dingin, karena orang tropis seperti kita bakalan sangat menderita karena perbedaan cuaca dan perlengkapan outfit yang harus lengkap, tentunya dengan harga mahal dan berat dan juga terbatas secara transportasi dan fasilitas. Di saat musim dingin, orang Eropa lebih banyak di rumah daripada di luar rumah.

Sebagai gambaran, musim semi di Amsterdam temperatur masih bisa sekitar 10 derajat, dengan angin yang sangat dingin. Apalagi di selatan Norwegia, siang hari paling panas suhunya hanya 8 derajat, dan pada pagi bisa hampir nol. Ini terjadi musim semi lho (akhir bulan April).

Di Paris, suhu pada bulan tersebut masih belasan derajat. Sedangkan di Italy suhu sudah diatas 15 derajat, cukup nyaman untuk berjalan jalan tanpa kedinginan dan tanpa keluar keringat.


Tujuan Wisata Eropa - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Jika ingin memakai transportasi darat, lihatlah di peta, jalur bus/kereta yang terpendek agar tidak bolak balik, sehingga hemat biaya dan waktu. Yang terbaik untuk pemula adalah mengambil rute Italy-France-Netherlands, atau di antaranya, sesuaikan tergantung waktu dan biaya yang kita punya.

Menurut saran saya sebagai pemula, jangan terlalu banyak kota tujuan, karena sangat menguras tenaga dan biaya. Apalagi jika terobsesi untuk check in di kota berbeda setiap hari, yang ada kita repot pontang panting mengejar jadwal bus/kereta, belum lagi untuk mencari alamat di kota yang baru tidak semudah yang kita bayangkan. Sekali saja kita ketinggalan bus, maka bisa gagal total semua perjalanan, atau kita harus membeli lagi tiket yang baru, apalagi harga normal transportasi di Eropa sangat mahal jika dinilai menggunakan rupiah.

VISA: Setelah kita mendapatkan tiket pesawat Jakarta Eropa Jakarta, ajukan visa 3 bulan sebelum keberangkatan ke Kedubes Negara Schengen terlama yang akan kita jalani. Jangan lupa untuk membuat itinerary bayangan untuk keperluan visa beserta booking penginapan yang bisa di cancel.


Transportasi

TIKET PESAWAT INDONESIA EROPA INDONESIA - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Belilah tiket ke Eropa (PP) jauh hari sebelumnya, ikuti terus program promo di website, di grup grip backpacker, dan rajin untuk selalu mengecek Sky Scanner. Kalau sangat beruntung, kita bisa mendapatkan tiket seharga 4 jutaan pulang pergi Kuala Lumpur-Paris atau SIN-Roma. Syukur-syukur bisa termasuk dari Jakarta, atau bahkan Bandung atau Jogja.

Untuk permulaan, harga di 7 jutaan sudah okelah, seperti yang kami dapatkan untuk rute KL-Paris dan pulangnya Oslo-Singapore.

TRANSPORTASI ANTAR NEGARA/KOTA - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Tour Eropa Murah 2016

Carilah program promo Bus (Megabus, Flixbus) dan pesawat (Easy Jet/Ryan Air).

Untuk Megabus sendiri, penjualan tiket dimulai dari 60 hari sebelum keberangkatan dengan tiket promo 1Euro. Pasti dapat asal kita paling awal belinya, mungkin saingannya cuma orang Indonesia lagi hehehe. Untuk harga tiket Paris-Milan 1 Euro adalah sebuah keajaiban, jika kita naik pesawat harganya bisa jutaan, dan untuk naik kereta juga sangat mahal.

Belilah sebanyak banyaknya rute yang kita inginkan selagi murah, contohnya Milan-Turin, Turin-Firenze, Firenze-Roma, dsb. Jangan lupa lihat peta supaya tidak salah arah. Untungnya naik mega bus, tiket bisa kita cancel dan bisa dibelikan untuk tujuan lainnya, dengan biaya cancelation yang murah (0,5 Euro).

TRANSPORTASI DALAM KOTA - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Panduan Tour Eropa Murah 2016

Transportasi di dalam Kota Eropa kurang lebih polanya sama. Gunakan Metro untuk jarak agak jauh, bus untuk jarak dekat dan trem untuk jarak sangat dekat.

Untuk turis, yang paling ideal adalah beli tiket day pass yang bisa meng-cover seluruh kota dan berlaku untuk semua moda transportasi di atas. Pengelaman kami, untuk ibukota-ibukota eropa, tiket untuk day pass kurang lebih 5 Euro per hari, semakin lama periodenya semakin murah. Di Paris yang paling mudah adalah membeli tiket NAVIGO, sesuai dengan saran-saran dari para suhu backpacker. Kalau nggak salah harganya adalah 26,25 Euro untuk periode 1 minggu, dimulai dari hari Senin.

Sebelum membeli tiket, pelajari sebelumnya keuntungan dan kerugiannya, juga masa berlaku nya, jangan sampai salah beli. Untuk tiket Navigo, jika kita membeli pada hari Jumat, harganya akan menjadi mahal karena pada hari minggu sudah masa expired lagi.

Lain dengan di tempat yang lain, contohnya Amsterdam atau Milan, masa berlaku tiket dihitung dimulai dari pertama dipakai, misalkan 1x24 jam, 3x24 jam atau 7x24 jam.

Jika kita tidak banyak bergerak, boleh-boleh saja untuk membeli tiket lepas, harganya bervariasi, ada yang tergantung jarak tempuh, ada juga yang flat, seperti di Milan 1,5 Euro jauh dekat, boleh pindah kereta asal tidak keluar stasiun, persis kayak busway lah.

Ada juga yang sekali beli tiket kita boleh pergi naik turun ke mana saja selama periode waktu tertentu, seperti di FIrenze tiket bus 1,2 Euro bisa dipakai ke mana saja (di dalam kota) selama 90 menit.

Pelajari juga bagaimana cara membeli tiket dan validasinya, jangan sampai salah, nanti malah kena denda yang besar.

Secara umum di kota-kota besar, beli tiket bisa di vending machine, memakai koin, uang kertas atau kartu kredit. Buat yang belum pernah ke luar negeri, ada baiknya mempelajari dulu sistem transportasi KRL Jabodetabek, daripada bingung sendiri dan nanti ada yang nyamperin dan ujung-ujungnya minta uang.

Selalu waspada kalau ada yang menawarkan pertolongan, terutama di Itali, karena mereka biasanya meminta jasa 1 Euro.

Kecuali di kota-kota kecil Italy, tiket bus hanya bisa dibeli di penjual rokok (Tabacchi) seharga 1,2 E atau bayar ke supir seharga 2 E.

Untuk validasi tiket, di kebanyakan kota besar, yaitu dengan tapping di pintu masuk dan keluar, sama seperti di Jakarta. Ada juga yang di print seperti di bus-bus Italy. Lebih baik untuk mempelajari terleboh dulu, jangan sampai tiket yang tidak tervalidasi ketahuan dengan petugas lalu dikenakan denda.

Sebaiknya jangan terlalu mengandalkan metro untuk perjalanan di dalam kota karena kita akan kehilangan pemandangan indah. Kecuali di Belanda, rata-rata Metro di Eropa letaknya di bawah tanah. Selain itu untuk mencapai peron, jaraknya cukup jauh dari permukaan, apalagi harus berpindah kereta, bisa beberapa ratus meter jauhnya. Memakai bus dan trem adalah pilihan terbaik untuk pindah dari satu tempat wisata ke tempat lain. Jika bosan jalan kaki, bisa mencoba sewa persewaan sepeda seperti Bysykkal di Oslo atau Velib di Paris.


Akomodasi - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Selain transportasi, akomodasi merupakan yang paling banyak menyerap anggaran keuangan kita. Jenis akomodasi yang paling murah sampai yang mahal antara lain:

  • Couch Surfing (menumpang).
  • Air BnB (sewa kamar di rumah/apartemen).
  • Hostel (shared room, sekamar ber banyak).

Untuk beberapa kasus, Hostel kadang-kadang bisa lebih murah daripada Air BnB, tergantung dengan waktu, tempat dan keberuntungan tentunya.

Karena kami tidak ada pengalaman dengan Couch Surfing, yang bisa kita rekomendasikan adalah Air BnB. Harga Euro memang tidak bisa dibandingkan dengan kurs rupiah, jauuuuh banget. Buat kita yang mencari uang dalam rupiah, membelanjakan dalam Euro itu luar biasa mahal nya.

Menurut pengalaman kami, harga termurah Air BnB adalah sekitar 25 Euro/malam (Rp.375.000) untuk daerah Italy, 55Euro di Amsterdam (Rp. 800.000) untuk berdua.

Secara umum, semakin ke utara, harga-harga akan semakin mahal, dikarenakan tingkat kesejahteraan yang semakin tinggi. Yang paling murah adalah di Eropa Barat seperti di Portugal, lalu Itali, Spanyol, Belanda, Jerman, Inggris akan lebih mahal, apalagi negara-negara seperti Skandinavia (Finland, Norway, Sweden) adalah yang paling mahal di Eropa.

Cara mencari kamar terbaik di air BnB adalah dilihat dari reputasi host nya, baik sebagai host maupun sebagai tamu. Semakin banyak bintang dan ulasannya, semakin baik pelayanannya.

JANGAN MENGINAP DI HOST YANG BARU ATAU REPUTASI NYA BURUK, karena suka membatalkan reservasi kita secara tiba-tiba, bahaya! Selain itu banyak host yang tidak serius menyewakan kamar, dilihat dari aturannya yang aneh-aneh. Rules of thumb: host yang asik adalah sesama traveler, bisa dilihat di reputasi nya.

Memang jangan membayangkan menyewa apartemen itu seperti tinggal di hotel karena kita harus melakukan semua kebutuhan kita sendiri. Dimulai dengan menyiapkan alat mandi sendiri, menyalakan lampu sampai mencuci alat makan, membersihkan kamar, semuanya dilakukan sendiri, dengan standar sebagai tuan rumah.

Harap diingat kalau standar kebersihan dan kerapian orang Eropa, jauh lebih tinggi dari kita. Jangan pernah ada sampah atau noda di tempat kita menginap, pasti kita akan kena marah sama tuan rumah. Rata-rata orang Eropa sangat menghargai privacy, jadi jangan pernah berisik di dalam kamar, pasti nanti akan diomelin tuan rumah. Dan juga kita harus belajar bagaimana cara hidup tuan rumah kita, seperti bagaimana caranya mencuci piring, menyapu lantai bahkan membuang sampah dll.

Hal yang harus kita perhatikan ketika di Eropa adalah harga listrik yang sangat mahal, jadi pengeluaran untuk listrik dan air harus se-hemat mungkin, bahkan ketika tidur listrik dimatikan sehingga menjadi gelap gulita. Bahkan untuk ke kamar mandi saja kita harus merayap rayap. Jangan harap kita bisa menyalakan alat pemanas jika suhu belum mendekati 10 derajat.

Kebalikannya, di Norway, harga listrik sangat murah sehingga setiap saat pemanas udara dinyalakan, kalau tidak bisa sangat dingin karena suhu di musim panas saja jarang melebihi 15 derajat.

Kunci mendapatkan penginapan murah via Air BnB : PERGILAH BERDUA jangan sendiri, jangan berbanyak. Harga termurah yang didapat adalah untuk berdua.


Kebutuhan Sehari Hari - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Membawa ransel atau koper, tidak ada masalah, yang penting perhitungan bagasinya mencukupi. Kalau di Eropa, sebagian besar sudah beraspal jadi enak saja untuk menggeret koper ke mana-mana, yang repot mungkin ketika turun naik ke stasiun metro.

Bawalah barang-barang kebutuhan pribadi dari tanah air karena harga nya sangat mahal jika kita membeli di Eropa.

Baju tidak usah terlalu sering ganti, bahkan seminggu pun tidak ada masalah karena biasanya tidak berkeringat.

Jangan terlalu sering mandi karena membuat badan kita kering, seminggu dua kali okelah, kecuali memang berkeringat atau berolahraga.

Pakailah Pelembab atau lotion di kaki, tangan dan muka, jika tidak, nanti akan sangat kering dan merasakan gatal-gatal.

Sweater dan jaket tebal harus bawa, karena cuaca di Eropa bisa sangat dingin dalam waktu yang tiba-tiba. Dan jangan lupa untuk membawa payung. Jika kamu berencana ke daerah yang lebih dingin, pelajari dulu suhu dan temperaturnya berapa, lalu cari tahu bagaimana cara berpakaian yang benar, karena jika salah dalam membawa baju akibatnya bisa fatal, liburan bisa gagal hanya karena gara-gara kedinginan.

Pakaian dalam yang sekali buang/disposable supaya tidak repot, bawalah handuk model outdoor yang quick dry dan ringkas.

Hal yang penting diperhatikan ketika di Eropa adalah jarang sekali ditemukan toilet umum. Jangan berharap ada toilet di stasiun. Meskipun ada, pasti kita harus bayar 0,5 - 1 Euro sekali buang air kecil. Mengingat udara eropa yang dingin bikin kita gampang pipis. Makanya ketika keluar rumah, PIPISLAH WALAUPUN NGGAK KEPINGIN PIPIS, kalau ketemu mall, pipis lagi, kalau ketemu toilet bersih dan gratis, pipislah. Nanti kalau terpaksa kebelet, daripada bayar lebih baik cari McDonald, beli menu promosi Cheese Burger, biasanya 1,1-1,5 Euro. Kalaupun harus masuk cafe, belilah kopi seharga 1,1-2,5 Euro, semakin murah jika diminum di bar sambil berdiri, dibanding duduk di kursi.

Ada juga di Paris toilet umum otomatis yang membersihkan sendiri, gratis tapi joroook, banyak eeek bertebaran, sebaiknya jangan dehh, mending ke cafe atau McDonald. Apalagi jangan pernah mau mencoba toilet box di taman-taman (toi toi), itu adalah horor terburuk di seantero benua Eropa.

Agak mengherankan dengan standar hidup yang tinggi mereka menciptakan tempat buang hajat yang didesain untuk tidak dibersihkan, mungkin seumur hidup nya ...hiiiii.. Saya selalu membawa tissue basah dan botol air khusus keperluan toilet ini, mengingat kebiasaan kita yang berbeda dengan masyarakat Eropa.

Oya, jangan pernah membeli air mineral karena sangat mahal, bisa sampai 25 NOK (Rp.40.000) di Norway, botol kecil. Bawalah botol kosong untuk diisi di keran wastafel, untuk Eropa kebanyakan air ledeng nya aman untuk diminum.


Makanan - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Nah ini yang paling penting untuk diperhatikan. Budget makan kalau tidak dikontrol akan sangat membengkak, lebih dari 20 euro/ hari.

Untuk menghemat, usahakan mencari penginapan yang ada dapurnya, sehingga kita bisa memasak sendiri. Apalagi untuk kaum muslim, sangat sulit untuk memastikan kehalalan makanan kita.

Membawa beras oke juga karena disini harga beras bisa lebih dari 2 euro per kilo. Yang pasti bawalah rendang dan abon agak banyak, juga kering tempe atau kering kentang. Memang, ada aturan di beberapa negara yang melarang kita untuk membawa makanan daging, tetapi biasanya dicek secara random, dan apesnya paling rendang kita dibuang saja, tidak akan ada denda apalagi hukuman.

Jangan malu untuk masak makanan sendiri, bawa bumbu instan dalam jumlah yang banyak. Membawa mie juga cukup membantu, tetapi tidak baik jika terlalu sering.

PELAJARILAH CARA MEMASAK NASI DENGAN MICROWAVE, kompor listrik & gas. Kita tidak tahu alat apa yang tersedia di host kita, tapi biasanya di dapur standar barat pasti ada microwave. Kecuali kita mau repot-repot bawa rice cooker, aman lah kebutuhan perut kita.

Untuk mengatasi kekurangan vitamin, kamu dapat membeli sayuran lokal/salad di supermarket terdekat. Biasanya kalau sudah mau kedaluwarsa, harga salad akan didiskon besar besaran.

Membeli buah lokal juga wajib hukumnya, apalagi di Eropa kita bisa menemukan buah stroberi ukuran besar atau buah plum dengan harga cuma 2 Euro saja, tergantung musim. Biasanya di eropa ada pasar kaget dimana para petani menjual barang nya dengan harga sangat murah.

Untuk sarapan, carilah roti gandum berukuran besar, biasanya cukup murah, cuma 2 Euro an, bisa untuk ganjel perut selama berhari-hari.. hehe..

Kalau mengikuti cara orang Paris asli, sarapan 2 croissant saja sudah 2,2 Euro, belum untuk makan siang dan malamnya.

Dengan sistem memasak sendiri, budget makanan bisa ditekan dari 20 Euro menjadi 5 Euro saja per hari.

Khusus bab memasak ini, kami malah memanfaatkan untuk mencari pertemanan dengan cara memasak masakan Indonesia lalu mengundang tuan rumah, biasanya sih cuma nasi kuning sama rendang dan pecel saja .. hehehe Setelah itu biasanya giliran tuan rumah yang menjamu kita, tentunya dengan menu ala eropa yang lebih mewah. wkwkwk..

Juga karena saya hobi ngopi, sengaja membawa kopi dan alat-alat portabel dari tanah air, dan ternyata orang eropa juga sangat doyan minum kopi. Biasanya mereka cukup senang dengan rasa kopi Indonesia yang lebih kaya rasa dibanding kopi di Eropa.

Kalau mau ngerasain Pizza/pasta di Italy boleh juga karena biasanya harga makanan di sana semuanya sama, tidak di restoran kecil atau besar. Yang membedakan adalah ada service charge untuk restoran besar. Untuk resto menengah, harga pizza adalah sekitar 7 Euro, ditambah service 2Euro/orang.

Belilah pizza Margeritha, karena tidak memakai daging, hanya keju dan tomat saja. Selain murah, juga aman dari bahan-bahan tidak halal.


Keamanan - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Dari banyak artikel yang menceritakan kejahatan di Eropa, ternyata biasa saja, jaauuuuh lebih aman dibanding negara kita. Ada beberapa penipu yang berkeliaran di jalan-jalan Paris, tetapi jika kita waspada dan sudah mempelajari trik nya, Insya Allah aman-aman saja.

Bisanya ada anak-anak gypsi yang pura-pura melakukan kuesioner, meminta kita tanda tangan, setelah itu mereka meminta uang cukup besar karena di lembar yang kita tanda tangani adalah semacam bukti sumbangan. Juga orang-orang afrika yang sangat ramah menyapa kita dalam bahasa Indonesia/melayu, ujung-ujungnya minta uang.

Kuncinya adalah jangan pernah meladeni pembicaraan apapun dengan orang asing, juga tolaklah dengan halus penawaran apapun dari mereka. Cepat mengenali keadaan, kapan kita harus menghindar, jangan terlalu kelihatan orang baru karena akan menjadi sasaran orang-orang nggak jelas. Saya pernah disapa dengan ramah oleh seorang kakek, lalu menawarkan untuk difoto, ujung-ujung nya minta 1 Euro. Lebih baik kita pura-pura tidak mengerti, daripada ribut-ribut, karena mereka biasanya melakukan aksi dengan bergerombol.

Selalu memisahkan uang saku dalam beberapa tempat, menyimpan paspor dan kartu kredit dalam money belt yang menempel di tubuh kita setiap saat, bahkan ketika kita ke kamar mandi.


Budget Tour Eropa Murah 2016

Inilah point yang paling ditunggu tunggu-tunggu, berapa kah uang yang harus kita siapkan untuk berlibur ke Eropa, dengan gaya backpacker tetapi tetap gaya smile emoticon

Pergi berdua selama 12 hari (2 hari di pesawat), rute : Jkt-Roma-Firenze/Venice/Milan-Paris-Jkt. memakai tiket pesawat promo, menginap di Air BnB, memasak sendiri, antar negara memakai Megabus promo (3 kali sleeper bus, menginap di dalam bus), tidak masuk ke museum, menara Eiffel, tidak membeli oleh-oleh.

  • Tiket Pesawat Indonesia-Eropa PP Rp. 7 juta
  • AKomodasi 7 hari x 20 euro Rp 2,2 juta
  • Transportasi Mega Bus 4 trip x 2 euro Rp 0,12 juta
  • Makan 10 hari x 5 euro + jajan Rp 1 juta
  • Transportasi dalam kota 7 hari x 5 euro 0,5 juta

_____________________________

Total 10,82 juta (per orang)

Jika tiket, air BnB dan Megabus bisa dilunasi Kartu Kreditnya sebelum pergi, kita cukup membawa uang cash Euro sebesar Rp. 2,5 Juta saja, setara 150 Euro. Saya menyarankan untuk memakai uang koin 1 dan 2 Euro karena belinya lebih murah, yaitu Rp. 13.000 - Rp.13.500. Bisa dicari di supplier koin euro, tidak ada di money changer. Untuk mendapatkan koin euro, silakan browsing google atau kaskus, pasti ada. Selain murah, uang koin juga lebih aman dari pencopet, jaaauh lebih aman.

Kunci dari travelling hemat adalah DISIPLIN BUDGET. Selalu pisahkan uang harian kamu, jangan pernah tergoda apapun di saat jatah harian sudah habis. Tapi jika kita bisa hemat, kelebihannya boleh lah buat senang-senang, misalnya jajan gelato atau macaron. Prinspnya, makan boleh cuma pake abon, tapi ngemil nya macaron ...hehehe


Manfaatkan Fasilitas Gratisan - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Masuk ke tempat wisata pasti mengeluarkan budget yang lumayan, tetapi kalau kita bisa mencari yang gratis kenapa tidak? Seperti masuk museum Louvre di Paris normalnya adalah 15E, tetapi ada beberapa kondisi bisa gratis, pelajari lah sebelum pergi, siapkan dokumen yang diperlukan sebelumnya. Pun jika mau naik menara Eiffel, carilah yang sesuai budget kita, yang paling murah adalah dengan naik tangga (bukan lift), sampai ke ketinggian tertentu. Bahkan kalau kita jeli, ada beberapa host di Air BnB yang bisa memberi fasilitas gratisan ke museum-museum di paris dengan gratis! Juga host yang bisa meminjamkan sepeda di Amsterdam adalah anugerah yang luar biasa.


Komunikasi - Panduan Tour Eropa Murah 2016

Adalah sangat penting untuk tetap terhubung ke sarana komunikasi. Di Eropa kita masih tetap bisa roaming untuk menerima/melakukan panggilan jika mau, atau minimal untuk SMS an memakai sim card dari Indonesia, TIDAK PERLU MEMBELI SIM CARD EROPA karena mahaalll. Pelajari tata cara dan tarif roaming, isilah pulsa secukupnya, Fasilitas WiFi di Eropa relatif tidak terlalu banyak gratisan, kecuali di beberapa cafe dan McD/Starbucks. Jangan terlalu terobsesi untuk check in, nanti kelamaan nyari sinyal. Lebih baik waktunya dimanfaatkan untuk menikmati momen travelling, ngambil foto seperlunya saja, kecuali memang hobi fotografi.

DOWNLOAD GOOGLE MAP OFFLINE mencakup seluruh kota sebelum kita pergi, tandai (favorite) tempat-tempat yang akan kita kunjungi, pelajari rute nya, transportasi nya, kalau perlu di screenshot sehingga kita tidak nyaasar. Dengan google map offline ini sangat membantu positioning kita karena setiap ada wifi di sekitar kita, GPS kita akan update, walaupun kita tidak masuk ke jaringan wifi nya. Jangan membeli peta, carilah gratisan, kecuali memang untuk koleksi.

Sebagai turis, kadang-kadang tersesat bukan hal buruk karena banyak spot-spot yang menarik yang tidak terekspose. Salah satu tempat terbaik untuk tersesat adalah Firenze, di setiap sudut gang di sekitar Firenze Cathedral banyak tempat bersejarah, seperti peninggalan Dante, Leonardo da Vinci, dll. Kalau jadwal kita longgar, sebaiknya ada beberapa hari untuk menikmati suasana di sebuah kota secara santai, tanpa target. Mempelajari kebiasaan masyarakat sekitar, pergi ke pasar, nongkrong di cafe, bergaul dengan penduduk lokal adalah pengalaman sangat berharga, jauh melebihi dari sekedar selfie di depan menara :)

Salah satu cara menjalin persahabatan dengan menghubungi komunitas masyarakat Indonesia disana, atau berkenalan di masjid/gereja juga banyak mendapatkan keuntungan.


Menghasilkan Uang Dari Travelling - Tour Eropa Murah 2016

Setelah tahu anggaran minimal untuk pergi, saya coba sharing bagaimana cara menghasilkan uang dari travelling ke Eropa.

Berjualan

Jika menginginkan uang tambahan, ada beberapa warga Indonesia di Eropa yang mau menampung barang2 dari dalam negeri, seperti rokok, kopi, minyak kayu putih, bumbu2, dst. Biasanya kita mendapatkan komisi sebesar 100% dari harga beli, lumayan bisa mendapat sejuta dua juta dari penjualan barang tsb.

Harap diperhatikan aturan cukai untuk membawa rokok, masing-masing negara berbeda jumlahnya, jangan sampai nanti malah disita, Untuk barang2 lain tidak ada masalah, kecuali minyak-minyakan yang harus disimpan di bagasi.

Jika mau berusaha lagi, kamu bisa mencari toko yang menjual barang Indonesia di Eropa dan sekitarnya, terutama di Amsterdam. Hubungi mereka via email sebelumnya untuk menawarkan bumbu-bumbu dari Indonesia yang dibutuhkan.

Jika bisa menjual produk yang lebih bernilai, misalkan kerajinan, akan jauh lebih banyak keuntungan yang dihasilkan. Memang resikonya kita harus menenteng koper seberat puluhan kilo, tapi kalau sebanding dengan yang didapat kenapa tidak?

Begitupun untuk pulangnya kita bisa membeli barang-barang pesanan yang disini mahal banget, misalnya tas branded di Italy/Paris jauuuh lebih murah. Ataupun alat-alat kopi di Italy bisa setengahnya dari sini.

Pernah suatu waktu menemukan sepatu lokal di emperan Paris bermerk GEOX dan ECCO di Norway seharga 30-40 euro an saja, yang nampaknya sepatu rumahan biasa saja, ternyata di sini harganya mencapai 2 jutaan.

Tentunya untuk membawa masuk barang-barang tersebut kita harus pelajari aturan custom masuk negara kita karena ada pajak disini, bagaimana caranya supaya tas yang kita beli tidak terlihat baru sehingga bisa bebas tax.

Endorse Product

Kalau kamu punya akun socmed yang banyak followersnya, kegiatan travelling bisa menghasilkan uang dengan cara endorse produk lokal, bisa berupa fashion sampai dengan makanan. Lihat saja para artis atau selebgram yang mematok tariff jutaan rupiah untuk sekali posting di Instagram! Kalaupun kamu merasa tidak fotogenik atau mempunyai banyak followers, banyak kok pelaku UKM yang kepingin produk nya difoto di depan menara Eiffel, baik itu makanan atau fashion. Tinggal atur-atur aja harga sekali foto berapa, jika dikalikan dengan jumlah produk yang banyak bisa menghasilkan uang jutaan juga akhirnya. Setelah foto selesai, lumayan bisa kita makan sebagai camilan, atau buat ngasih orang di sana atau bajunya kita pakai sendiri.

Travel Group organizer

Ada beberapa teman yang bisa mengorganisir grup travelling dan mendapatkan fee, mungkin bisa sharing disini juga.

Apakah artikel Tour Eropa Murah 2016 Budget Rendah ini bermanfaat kamu? Jika iya, jangan lupa untuk like dan share dan berikan catatan tambahan pada kolom komentar. Selamat Berpetualang