selancar di bali

Selancar di Bali

Bali memiliki ombak yang menakjubkan karena terletak tepat di tengah-tengah angin pasat selatan. Memiliki bandara international dengan rute penerbangan langsung dari Eropa dan Australia, maupun penerbangan tidak langsung dari Amerika Utara. Di Bali, Kehidupan religius merupakan akar dari jiwa penduduk Bali dan telah diwariskan selama berabad-abad. Mereka dapat mengatur dan mejaga serta mewariskan kebudayaan kepada generasi berikutnya ditengah-tengah pengaruh luar biasa yang dibawa oleh para turis asing yang semakin bertambah.

Menurut sebuah Majalah Surf Kontemporer, Bali mulai menjadi tujuan selancar pertama kalinya sejak penemuannya di tahun 1960an dan 1970an oleh sekelompok peselancar asal Australia selama masa penjelajahan mereka.

Akan tetapi, berita ini merupakan berita yang salah yang harus di revisi. Faktanya, peselancar lokal dan luar telah melakukan kegiatan selancar di Bali sejak tahun 1930an. Topografi Pulai Bali sangat bermacam-macam, antara lain sekelompok bukit di sebalah selatan, lereng kapur yang curam dan berbatu di tepi semenanjung dan banyak batu karang yang mengelilingi Pulai Bali.

Hasilnya adalah ombak yang dominan dan cepat. Di bagian leher pulau, terdapat tempat dimana pasir yang mengeras bercampur dengan pasir vulkanik dan batu kapur. Jadi tidak mengherankan jika ombak berputar di sini. Gunung api besar yang menghasilkan pasir hitam dan batu yang berpijar mendominasi bagian tengah Pulau Bali dan terhubung dengan muara suangai.

Sebagai sebuah tempat selancar bagi pecinta selancar, Bali telah menjadi tempat menarik dengan ombaknya. Sebagai lokasi terbaik untuk kegiatan selancar, Bali merupakan pusat selancar di Samudera Hindia sampai sekarang. Memiliki kurang lebih 6 sampai 100 tipe ombak terbaik di seluruh dunia. Sangat sedikit orang yang mengetahui tentang tipe-tipe ombak, seperti pantai dan ombak muara dengan kualitas tinggi dan bahkan tipe-tipe batu pasir.

Yang paling menarik sebagian besar komunitas selancar dunia adalah Ombak Batu Karang yang panjang dan sempurna di Semenanjung Bukit Selatan. Uluwatu, Padang-Padang dan Bingin adalah tempat yang mempunyai ombak luar biasa dan unik. Sementara Nusa Dua, Hyatt Reef dan Sanur menawarka ombak dengan kualitas yang sama.

Seperti banyak tempat di Indonnesia, karakteristik ombak di Bali berubah secara dramatis, tergantung dari ketinggiannya daro permukaan.  Yang terlihat seperti gulungan ombak rendah dapat menjadi ombak tinggi, walaupun hal yang berbeda dapat terjadi di beberapa tempat.

Banyak tempat selancar di bali memiliki karakteristik masing-masing saat angin pasat datang dan menyapu lautan lalu membentuk ombak yang bagus.

Bagaimana untuk mencapai Pulau Bali?

Banyak pilihan transportasi dan rute untuk mencapai Pulau Bali, karena Bali telah memiliki penerbagan langsung internasional. Selama di Pulau Bali Anda dapat menyewa kendaraan untuk menjelajah, karena lebih mudah dan murah menyewa/rental kendaraan dari pada menggunakan layanan transportasi umum atau bisa menggunakan jasa tour & travel terpercaya.