taman nasional kelimutu

Taman Nasional Kelimutu Terkenal Karena Memiliki Tiga Danau Dengan 3 Warnanya Yang Berbeda. 

Taman Nasional Kelimutu merupakan salah satu tempat wisata yang unik, memiliki pemandangan yang luar biasa. Terletak di Kabupaten Endeh, Flores Tengah, Gunung Kelimutu adalah Gunung berapi stratovolcano denga ketinggian 1.640 meter. Udara yang dingin, sejuk serta memiliki panorama yang sangat menakjubkan.

Kelimutu menjadi salah satu atraksi alam bagi Turis Lokal & Mancanegara karena memiliki 3 danau kawah dengan 3 warna berbeda. Warna danau dapat berubah secara kontras. Danau terletak pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Warna-warna danau selalu berubah yang dipengaruhi oleh komposisi mineral yang bervariasi di danau kelimutu. Tiga danau tersebut antara lain Kawah Ata Polo, Kawa Ata Muri dan Kawah Ata Mbupu. Kawah Ata Polo dan Kawah Ata Muri terpisah oleh dinding gunung yang tipis. Warna air di Kawah Ata Polo berwarna hijau, sedangkan warna air di Kawah Ata Muri berwarna Turqoise sedangkan warna air Kawah Ata Mbupu berwarna hitam. Kawah Ata Mbupu terletak di sebelah utara.

Untuk mencapai lokasi Tiga Danau Taman Nasional Kelimutu, Anda dapat menggunakan mobil dari jalan utama di Ende atau Meumere dan berhenti di Moni, sekitar 50km dari Ende.