wisata gunung merapi

Merapi Merupakan Gunung Paling Berbahaya di Pulau Jawa  

Gunung merapi merupakan gunung yang berbahaya di Indonesia, memiliki kesan tersendiri ketika tinggal di bawah bayang-bayang gunung merapi. Keagungan dan keindahan gunung merapi yang terletak di Yogyakarta dapat dinikmati ketika hari cerah. Merapi adalah salah satu gunung berapi yang tidak bisa ditebak dan merupakan gunung paling berbahaya dari beberapa gunung berapi di Indonesia. Sekitar akhir tahun 1973, terdapat serangkaian lahar kecil yang diikuti oleh aliran lahar, air, lumpur dan debu. Setiap hari jadi pelantikan Sultan Yogyakarta, penduduk jawa pada umumnya membawa persembahan untuk menenangkan Gunung Merapi.

Salah satu cara untuk melihat Wisata Gunung Merapi, Anda harus menuju ke Bukit Kaliurang, yang terletak 25km di utara kota Yogyakarta. Bukit Kaliurang merupakan titik akses untuk melihat Merapi dan untuk beristirahat dengan nyaman di resort yang jauh dari kota dan didukung oleh suasana alam yang sejuk.

Jika ingin mendaki Merapi, pastikan dalam kondisi keadaan aman atau saat Merapi tidak sedang batuk-batuk. Untuk mencapi puncak merapi, pengunjung harus mendaki setinggi 2.911 meter dengan waktu tempih perjalanan kira-kira 4 jam. Sebelum melakukan pendakian, disarankan untuk memeriksa status akhir Merapi melalui dinas terkait.

Untuk menikmati wisata gunung merapi, Anda dapat melakukan pendakian Merapi saat sore hari, tetapi lebih baik pendakian dimulai jam 2 subuh agar dapat melihat momen berharga Matahari Terbit dari Puncak Merapi. Untuk menuju Kaliurang, bisa menggunakan kendaraan umum, bus, mobil pribadi, sepeda motor dengan jarak 25km dari Kota Yogyakarta. Untuk mendaki gunung merapi hanya dapat dilakukan dari Pos Selo di Lereng Utara, sekitar 50 km atau perjalanan 2 jam dari Kota Solo.